SOLOPOS.COM - Sejumlah kendaraan melintasi Jalan Solo, tepatnya di perbatasan Prambanan, Minggu (16/4/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Solopos.com, SLEMAN — Arus lalu lintas di Jalan Raya Solo-Jogja, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Minggu (16/4/2023) terpantau ramai lancar. Belum ada peningkatan volume kendaraan maupun aktivitas pemudik pada H-6 Lebaran ini.

Pantauan Harianjogja.com (Solopos Media Group), arus lalu lintas di Jalan Solo-Jogja, tepatnya di sepanjang
Prambanan hingga Ring Road Timur masih sangat lancar. Kepadatan kendaraan hanya terlihat di titik-titik lampu APILL. Sedangkan di ruas-ruas jalan masih cukup lengang.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Kendaraan yang lewat terdiri dari berbagai jenis, mulai dari motor, mobil, bus hingga truk. Belum terlihat kendaraan tipikal pemudik dengan barang-barang bawaan.

Sementara dilihat dari daerah asal, kode plat nomor kendaraan masih didominasi warga Jogja-Solo, yakni AB dan AD, walau ada juga sebagian kecil yang berkode luar daerah seperti L, K dan B.

Pos Pengamanan (Pospam) yang terdiri dari tim gabungan nampak sudah berdiri, tetapi belum beroperasi. Rekayasa lalu lintas dan pengalihan jalur pun belum ada yang diterapkan.

“Masih lancar, belum ada peningkatan lalin,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana saat dihubungi.

Adapun Pospam yang didirikan di sejumlah titik termasuk di Prambanan baru akan beroperasi pada Senin (17/4/2023). Diprediksi peningkatan arus lalu lintas baru akan terjadi pada H-3 Lebaran.

“Prediksi kami akan ada peningakatan mulai Rabu [19/4/2023],” kata dia.

Dibukanya tol Jogja-Solo sepanjang 6 km sepanjang Kartasura-Boyolali pada Sabtu (15/4/2023) lalu tampaknya juga belum berpengaruh signifikan pada peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Jogja dari jalan Solo.

Dia belum bisa memperkirakan apakah pembukaan tol itu akan membuat lonjakan volume kendaraan atau tidak. Namun ia memastikan pembukaan itu akan mempercepat waktu tempuh.

“Memangkas waktu tempuh dari Kartasura ke Prambanan, sekitar 15 menit lebih cepat,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kondisi Terkini Perbatasan Solo-Jogja, Masih Lengang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya