SOLOPOS.COM - Salah seorang pengendara melihat lokasi longsor di jalur Gedangsari-Klaten di Dusun Mangli, Hargomulyo, Kamis (2/2/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Bencana Gunungkidul terjadi berupa tanah longsor

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Hujan deras yang terjadi di Gedangsari sejak Rabu (1/2/2017) sore mengakibatkan longsor di sejumlah titik. Peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun demikian masyarakat diminta tetap waspada terhadap potensi longsor susulan.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Titik-titik longsor ini terjadi di Dusun Mangli, Dusun Pace B, Desa Hargomulyo; Dusun Buyutan, Desa Ngalang; Dusun Jelok, Desa Watugajah dan satu titik lagi terjadi di wilayah Desa Mertelu. Dari lima titik ini, kerusakan terparah terjadi di Dusun Mangli dan Pace B, Desa Hargomulyo.

Di Dusun Pace B, Keluarga Darmo Suwito,70, harus mengungsi karena rumahnya sudah miring akibat talut longsor yang terjadi tak jauh dari rumah. Rencananya setelah kondisi cuaca ekstrem mereda, warga akan bergotong royong memerbaiki rumah tersebut.

Sementara itu, di Dusun Mangli, longsor terjadi pada talut dengan tinggi sepuluh meter dan panjang 20 meter. Akibat kejadian ini, akses jalan Gedangsari-Klaten nyaris putus karena kerusakan telah memakan sebagian badan jalan.

Selain berdampak terhadap akses jalan, longsor juga menyebabkan 15 pohon jati ambruk. Sedang material longsor juga mengancam tiga rumah warga yang lokasinya berada di bawah talut di jalan tersebut.

“Kejadiannya sekitar pukul 23.30 WIB [Rabu 1/2]. Untungnya tanah yang longsor tidak sampai rumah dam hanya sampai di halaman saja,” kata Sugiyanto, salah seorang warga yang rumahnya ikut terancam karena longsor, Kamis (2/2/2017).

Dia menjelaskan, ambrolnya talut di jalan provinsi itu terjadi karena hujan deras yang mengguyur sejak Rabu sore. Akibatnya talut tak kuat menahan derasnya arus sehingga menjebol dinding talut. “Mudah-mudahan tidak hujan lagi karena kami juga takut lokasi longsor akan bertambah parah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya