SOLOPOS.COM - Apartemen Yudhistira Yogyakarta. (http://mataramcity.com/)

Solopos.com, JOGJA — Kota Joga menjadi salah satu daerah wisata populer di Indonesia. Lantaran menjadi tempat kunjungan wisatawan, tak heran banyak hotel berbintang yang menjulang tinggi di Jogja. Berikut ini deretan gedung tertinggi di Kota Jogja.

Meski memiliki banyak gedung, ternyata Kota Jogja termasuk salah satu daerah yang gedungnya tidak tinggi-tinggi amat seperti gedung di kota besar lain. Hal ini karena ada peraturan pemerintah yang mengatur batas ketinggian bangunan di daerah berjuluk Kota Pelajar itu.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Regulasi mengenai ketinggian bangunan di Kota Jogja ini merujuk pada Peraturan Wali Kota Nomor 35/2017 tentang Ketinggian Bangunan di Kota Yogyakarta.

Dalam aturan itu disebutkan bahawa rencana ketinggian bangunan di luar kawasan lindung harus mendapatkan rekomendasi dari wali kota maupun Komandan Lapangan Udara Adisutjipto.

Untuk ketinggian bangunan sampai dengan 32 meter harus mendapatkan rekomendasi dari wali kota. Sedangkan untuk ketinggian bangunan lebih dari 32 meter harus mendapatkan rekomendasi dari wali kota dan Komandan Lapangan Udara Adisutjipto.

Dalam Perwal tersebut juga disebutkan ketinggian bangunan diberlakukan ketentuan pandangan bebas atau skyline dengan sudut 450 derajat dari daerah/ruang milik jalan di seberangnya.

Meski demikian, ada sejumlah gedung yang memiliki puluhan lantai dan menjadi gedung tertinggi di Kota Jogja. Merujuk pada data di stekom.ac.id, berikut ini deretan gedung tertinggi di Kota Jogja:

  1. The Rich Jogja Hotel

Hotel ini merupakan gedung tertinggi di Jogja dengan memiliki 21 lantai. Hotel ini berlokasi di Jalan Magelang KM. 6 No. 18, Sinduadi, Kabupaten Sleman.

The Rich Jogja Hotel ini menjadi salah satu hotel mewah berbintang 4 di Jogja. Hotel ini berkonsep meeting, incentive, conference, dan exhibition (MICE) yang beroperasi pada 2012.

Jumlah kamar di hotel ini terus bertambah. Pada 2015, hotel ini memiliki 230 kamar. Kemudian pada 2017 bertambah menjadi 473 kamar.

  1. The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center

Gedung tertinggi kedua di Kota Jogja adalah The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center. Hotel berbintang empat yang memiliki 18 lantai ini berlokasi di Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 7, KEcamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Hotel ini memiliki 256 kamar dan suite mewah dengan desain kontemporer yang mencerminkan tradisi Jawa. Hotel ini juga memiliki ruang pameran dalam ruangan seluas 2.800 meter persegi yang bisa menampung hingga 3.000 orang.

  1. Apartemen Yudhistira

Apartemen ini menjadi gedung tertinggi di Kota Jogja selanjutnya. Gedung yang memiliki 18 lantai ini berlokasi di Jl. Palagan Tentara Pelajar, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

  1. Apartemen Taman Melati Togyakarta

Gedung tertinggi di Jogja berikutnya adalah Apartemen Taman Melati Yogyakarta. Apartemen ini terdiri dari 15 lantai dengan 899 unit kamar. Gedung ini berlokasi di Jl. Jemb. Baru UGM, Pogung Kidul, Sinduadi, Kabupaten Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya