SOLOPOS.COM - Tugu Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi saat libur Lebaran 2023. (Harianjogja.com)

Solopos.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan destinasi wisatanya. Daerah di DIY ini terdiri dari lima kabupaten/kota.

Secara geografis, DIY ini berbatasan langsung dengan laut Indonesia di bagian selatan. Sedangkan di sisi Timur Laut berbatasan dengan Kabupaten Klaten, di sisi tenggara berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, dan di sebelah barat laut berbatasan dengan Kabupaten Magelang.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Luas wilayah DIY sebesar 3.170.645 km persegi dan terbagi menjadi empat kabupaten dan satu kota, yaitu Kota Jogja, Kabupaten Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul, dan Kabupaten sleman.

Berikut ini daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang paling padat penduduknya menurut data dari buku Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

  1. Kota Jogja

Daerah di DIY yang paling padat adalah Kota Jogja. Pada tahun 2022, Kota Jogja memiliki kepadatan penduduk sebanyak 11.546 jiwa per km persegi. Jumlah tersebut diperoleh dari total jumlah penduduknya yang sebanyak 378.913 jiwa dan luas wilayahnya yang sebesar 32.819 km persegi.

plengkung gading jogja daerah paling ramai di DIY
Plengkung Gading di sekitar Keraton Yogyakarta. (Istimewa/visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Meski demikian, secara data statistik, Kota Jogja sebenarnya menjadi daerah dengan penduduk paling sedikit di DIY. Selain itu, Kota Jogja menjadi daerah dengan wilayah paling sempit. Luasnya hanya 1,04 persen dari total luas Provinsi DIY. Selain menjadi daerah paling padat, Kota Jogja juga menjadi pusat pemerintahan dan perekonomian Provinsi DIY.

  1. Kabupaten Sleman

Daerah kedua paling padat di Daerah Istimea Yogyakarta adalah Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman memiliki luas wilayah sebesar 573.749 km persegi. Pada 2022, Sleman memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.125.804 jiwa. Jumlah penduduk ini merupakan paling besar di Provinsi Yogyakarta.

Berwisata menggunakan jeep di Kalikuning kawasan Lereng Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu favorit wisatawan. (Lajeng Padmaratri/Harian Jogja) daerah paling padat di diy
Berwisata menggunakan jeep di Kalikuning kawasan Lereng Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu favorit wisatawan.
(Lajeng Padmaratri/Harian Jogja)

Dari jumlah tersebut diperoleh kepadatan penduduknya yang sebesar 2000 jiwa per km persegi. Kabupaten ini terbagi menjadi 17 kecamatan dan memiliki banyak tempat wisata sejarah salah satunya yang sudah populer hingga ke mancanegara adalah Candi Prambanan.

  1. Kabupaten Bantul

Kabupaten Bantul pada tahun 2022, memiliki kepadatan penduduk sebesar 1.980 jiwa per km persegi. kepadatan penduduk tersebut diperoleh dari perbandingan antara jumlah penduduk di Kabupaten Bantul yang sebanyak 1.013.170 jiwa dan luas wilayahnya yang sebesar 511.706 km persegi.

libur lebaran bantul jip wisata parangtritis tak layak jalan
Sejumlah jip wisata membawa wisatawan di Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (4/3/2023). (Antara/Hendra Nurdiyansyah)

Jumlah tersebut membuat Kabupaten Bantul menjadi daerah paling padat ketiga di Provinsi Yogyakarta. Wilayah di Kabupaten Bantul terbagi menjadi 17 kecamatan. Daerah ini memiliki banyak destinasi wisata yang populer, seperti Pantai Parangtritis.

  1. Kabupaten Kulonprogo

Daerah paling padat keempat di Provinsi Yogyakarta adalah Kabupaten Kulonprogo. Pada tahun 2022, Kabupaten Kulonprogo memiliki jumlah penduduk sebanyak 451.342 jiwa dan luas wilayah sebesar 577.224 km persegi.

daerah paling padat di diy
Penari dari Sanggar Salisiswo menampilkan Tari Prajuritan dalam Gebyar Bregas Budaya di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, DI Yogyakarta, Minggu (28/5/2023). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Dari jumlah tersebut diperoleh kepadatan penduduk Kabupaten Kulonprogo sebesar 782 jiwa per km persegi. Kulonprogo terdiri dari 12 kecamatan.

Dikutip dari dpmt.kulonprogokab.go.id, Kabupaten Kulonprogo menjadi daerah yang kompetitf untuk dikembangkan industri pengolahan, perdagangan dan jasa juga fasilitas seperti Pelabuhan Perikanan Karangwuni Wates dan Bandara Internasional YIA.

  1. Kabupaten Gunungkidul

Berikutnya, daerah di Yogyakarta yang paling padat adalah Kabupaten Gunungkidul. Karena berada di posisi kelima atau terakhir, Gunungkidul sekaligus menjadi daerah paling sepi di Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul memiliki luas wilayah seluas 1.475.147 km persegi yang mana luas tersebut adalah yang paling besar di Provinsi Yogyakarta. Sedangkan jumlah penduduk di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 770.883 jiwa.

wisata ekstrem di jogja tempat wisata di gunungkidul daerah paling padat di diy
Pengunjung mencoba gondola di Pantai Timang, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. (jogjaprov.go.id)

Sehingga diperoleh kepadatan penduduknya yang sebesar 523 jiwa per km persegi. Wilayah di Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 18 kecamatan. Selain itu di Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya