SOLOPOS.COM - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan HB X (kiri) mendengarkan tembang yang dilantunkan penyanyi difabel Putri Ariani (tengah) di Gedhong Wilis, Kepatihan Pemda D.I Yogyakarta, Senin (26/6/2023). Sri Sultan memberikan penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp50 juta kepada Putri Ariani, pelajar SMKN 2 Kasihan, Bantul peraih Golden Buzzer pada America's Got Tallent 2023 atas dedikasinya dalam memberikan teladan sebagai generasi muda yang berprestasi bidang seni dan budaya di tingkat interasional. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/tom.

Solopos.com, JOGJA — Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X mengapresiasi prestasi yang telah diraih Putri Ariani, siswi Sekolah Menengah Musik (SMM) yang mendapatkan Golden Buzzer dalam ajang America’s Got Talent (AGT) 2023. Sultan juga memberikan uang apresiasi senilai Rp50 juta kepada Putri.

Saat bertemu dengan Sultan, Putri melantukan dua lagu yang dipersembahkan khusus bagi Sultan. Dua lagu yang dinyanyikan itu berjudul Loneliness yang merupakan lagu ciptaannya dan dan lagu Lir-Ilir.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Sultan memberikan apresiasi atas prestasi yang telah ditorehkan Putri dalam ajang internasional tersebut. Dalam kesempatan itu, Sri Sultan menyampaian pesan agar Putri juga fokus pada pendidikannya selagi mengikuti audisi AGT 2023.

“Dia punya cita-cita untuk melanjutkan sekolah di Amerika. Tapi juga harapan saya dia mengerjakan, dengan kemenangan dia, mengerjakan untuk menyanyi di Amerika kira kira 2-3 bulan ya,” katanya di Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan, Senin (26/6/2023).

“Jadi ini spontanitas dari dia [menyanyikan lagu Lir-ilir], kita terima kasih. Ini kan anak dari Jogja juga,” kata Sultan.

Dalam pertemuan tersebut, Putri menyampaikan lagu Lir-ilir dipilihnya karena mengandung banyak pesan dan merupakan tembang berbahasa Jawa.

“Karena lagu ini adalah lagu yang memiliki banyak pesan dan dikenal lagu bahasa Jawa. Lir ilir tu pesan dari leluhur,” kata Putri.

Lagu Lir-ilir sendiri merupakan lagu yang diciptakan Sunan Kalijaga untuk menyebarkan agama Islam pada awal abad ke 16.

Putri menuturkan dalam waktu dekat akan terbang lagi ke Amerika untuk melanjutkan tahapan seleksi dalam kompetisi aGT 2023.

“Jadi nanti Putri kembali lagi ke Amerika sekitar bulan Agustus akhir. Dan itu nanti Insyaallah di Amerika akan lebih lama. Dan tentu Putri butuh dukungan dari rakyat Indonesia,” ucap Putri.

Selain memberikan uang apresiasi senilai Rp50 juta, Sultan juga memberikan piagam penghargaan bagi Putri.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sultan Jogja Bertemu Putri Ariani, Beri Pesan Khusus dan Uang Rp50 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya