SOLOPOS.COM - Kepala Dusun Karangawen 1 Sembodo menunjukan hasil panen singkong raksasa. Foto diambil Minggu (27/8/2023). (Istimewa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Kabupaten Gunungkidul saat ini mulai memasuki masa panen raya singkong. Saat dipanen, ternyata hasilnya sangat memuaskan dan singkongnya berukuran jumbo.

Kepala Dusun Karangawen 1, Gedangrejo, Karangmojo, Sembodo, mengatakan wilayahnya sudah memasuki masa panen singkong. Dia menyampaikan sudah memetik hasil panen dengan kualitas singkong yang sangat bagus.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Singkongnya besar-besar. Bahkan, ukurannya sama dengan kaki orang dewasa,” kata Sembodo, Selasa (29/8/2023).

Dia menjelaskan, singkong raksasa yang ditanam merupakan jenis Ketan Bima Sena. Untuk pemeliharaan singkong jenis ini diklaim lebih mudah dan berbeda jauh dengan jenis singkong lainnya.

Baginya yang terpenting adalah hasilnya. Satu batangnya bisa menghasilkan singkong lebih dari tujuh kilogram.

“Hasilnya memang besar-besar dan rasanya juga enak,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Rismiyadi, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa sekarang sudah masuk panen raya singkong. terkait dengan hasil panen warga Karangawen 1 yang besar-besar, ia menilai bahwa singkong ketan jenis Bima Sena merupakan salah satu komoditas yang dikembangkan di Bumi Handayani.

Menurut dia, hasil panen yang besar-besar karena tanahnya subur. Selain itu, tanaman singkongnya juga rutin dipelihara dengan memberikan pupuk sehingga unsur haranya terpenuhi.

Faktor yang tak kalah penting adalah saat panen usianya di atas delapan bulan sehingga ubi yang dihasilkan juga bisa lebih besar ketimbang saat dipanen lebih awal.

“Kalau dipelihara dengan baik, makanya hasilnya juga lebih optimal. Hal itu dapat dilihat dari ukuran singkong saat dipanen,” katanya.

Rismiyadi menambahkan, luas panen singkong di Gunungkidul diperkirakan mencapai 43.088 hektare. Adapun target panen di tahun ini sebesar 966.170,89 ton ubi basah. Hingga akhir Agustus ini realisasi panen mencapai 748.097 ton.

Dia optimistis target panen pada 2023 bisa terpenuhi karena hingga sekarang masih ada lahan yang baru panen di September mendatang.

“Kami yakin bisa terlampaui targetnya karena hasil panen juga bagus,” katanya.

Ia berharap kepada petani Gunungkidul setelah panen singkong bisa mempersiapkan lahan untuk masa tanam 2023-2024. Salah satunya dengan mengolah lahan agar subur sehingga saat ditanam hasilnya dapat lebih dioptimalkan.

“Mayoritas lahan di Gunungkidul merupakan lahan tadah hujan. Saat awal musim hujan, mayoritas akan ditanami padi. Jadi, bisa dipersiapkan mulai sekarang, sambil menunggu musim hujan tiba,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Wow! Warga Gunungkidul Panen Singkong Raksasa, Begini Penampakannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya