SOLOPOS.COM - Salah satu pentas seni dalam Biennale (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Biennale Jogja akan diisi berbagai bentuk seni.

Harianjogja.com, JOGJA-Kolaborasi punk, K-POP, dan tradisi jaran kepang bagi pembukaan Festival Equator. Bekerjasama dengan Dagadu Djokdja, Biennale Jogja XIII Equator #3 akan menggelar Equator Festival Koalisi Cakrawala di Yogyatorium, Gedong Kuning pada 7-21 November 2015.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Berbeda dengan pameran utama Biennale yang diselenggarakan di Jogja National Museum (JNM), Equator Festival berusaha memberi ruang pada
praktik-paktik seni di luar arus utama.

“Ini terinpirasi dari anggapan kebudayaan populer sebagai kesenian tidak utama,” ujar Direktur Artistik Biennale Jogja XIII, Rain Rosidi, di Yogyatorium,
Rabu (4/11/2015).

Konsep kebudayaan populer tersebut tertuang pada pertunjukkan kolaborasi bertajuk JARAN KEPUNK JARAN K-POP yang akan ditampilkan pada pembukaan Equator Festival pada 7 November mendatang. Bima Surya, designer Dagadu yang bertanggungjawab atas pertunjukkan ini menyatakan,
“Ini ide alamiah dari budaya yang populer saat ini, punk yang semakin bergeser dengan banyaknya band-band sekarang, dan K-POP dengan tariannya yang centil-centil jahat,” kata Bima.

Pertunjukkan yang merupakan kolaborasi dari Dagadu Djokdja, Jimi Mahardika, dan Mila Rosinta ini berupa koreografi oleh tiga orang wanita yang memakai pakaian ala punk dan K-POP dengan membawa kuda-kudaan.

Festival ini juga akan diisi oleh komunitas pengguna produk desain, penggemar musik, kolektor tato, kolektor mainan, dan penggiat streeat
art dan grafiti. Kurator Koalisi Cakrawal, Arsita Pinandita menjelaskan bahawa Equator Festival juga tetap mengusung tema Hacking Conflicts dalam pelaksanaannya.

“Tema itu juga berusaha kita terjemahkan juga di sini,memanggungkannya, contohnya karya street art yang tak hanya sebatas menkreasikan konflik di jalanan,” jelas Arsita.

Sebelumnya, Equator Festival diawali dengan gelaran Panggung Literasi Selatan di Sewon dan Festival Tanah di Kulon Progo pada Oktober lalu.Acara ini akan diisi dengan berbagai aktivitas seni berupa pameran, lokakarya, pertunjukkan, kelas seni rupa, dan tur sepeda seni. Untuk pamerannya sendiri dapat disaksikan 7-21 November mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Equator Festival adalah sebuah aktivitas untuk melihat bagaimana kebudayaan populer dimaknai kembali oleh penggunanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya