SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ramadan selain membawa berkah, juga melahirkan inisiatif positif bagi warga Kecamatan Pakualaman, Jogja. Warga dua kelurahan, yaitu Gunungketur dan Purwokinanti pun mendirikan pusat kuliner tepat di Alun-Alun Puro Pakualaman.

Pusat Kuliner tersebut menyajikan jajanan tradisional dan home made yang melibatkan 55 gerai dari Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Kecamatan Pakualaman.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Menurut Bejo Salim Rusdi, salah seorang panitia, keberadaan pusat kuliner melibatkan warga kedua kelurahan Pakualaman. “Pusat Kuliner ini dibentuk untuk menunjukkan potensi yang ada di Pakualaman,” jelasnya kepada Harian Jogja belum lama ini.

Keberadaan Pusat Kuliner tersebut mulai dibuka sejak Sabtu (21/7) oleh Pengageng Budaya dan Pariwisata Pakualaman KPH Endro Kusumo. Rencananya, pusat kuliner tersebut akan ditutup pada Senin (13/8) mendatang.

“Kegiatan ini, baru pertama kami gelar dan menjadi cikal bakal digelarnya sunday morning (sunmor) pada 23 September 2012 di sini. Tujuannya untuk mengenalkan potensi yang dimiliki Pakualaman,” jelas Abdul Hadi King, panitia lainnya.

Ditambahkan Bejo, keberadaan pusat kuliner tersebut tidak lepas dari dukungan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam IX yang memberikan tempat agar warga bisa memanfaatkan Alun-alun Puro Pakualaman. “Setiap hari, rata-rata kunjungannya sekitar 100 orang. Kami memang masih merintis. Namun, tetap akan dibenahi terus apalagi ini sebagai cikal bakal sunmor Pakualaman,” ungkapnya.

Selain menyediakan jajanan untuk takjil, sejumlah stan juga menyediakan produk-produk kerajinan asli yang dihasilkan oleh warga Pakualaman. Termasuk, jamu-jamu tradisional. Untuk memberikan nuansa berbeda, kata Bejo, pusat kuliner tersebut akan dilengkapi dengan hiburan tradisional.

“Rencana dalam waktu dekat akan diisi hiburan. Misalnya, oleh orkes bambu Giri Manunggal yang berasal dari Kelurahan Gunungketur,” pungkas Bejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya