SOLOPOS.COM - Musala di dusun dongkelan yang longsor, Senin (22/01/2017). (Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja)

BPBD Bantul sudah memberikan bantuan kepada korban longsor di RT 07 Dusun Dongkelan, Kasihan, Bantul

 

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Harianjogja.com, BANTUL – BPBD Bantul sudah memberikan bantuan kepada korban longsor di RT 07 Dusun Dongkelan, Kasihan, Bantul pada Senin (22/1/2018). Bantuan yang diberikan kepada warga berupa bahan makanan pokok.

Manajer Pusdalops BPBD Bantul Aka Luk Luk mengatakan bantuan terdiri dari gula pasir, mie instan, sarden, telur, kecap, dan dua buah terpal. Sebelumnya saat badai cempaka, BPBD Bantul telah memberikan bantuan berupa lima sak semen.

“Bantuan bahan pokok sudah diberikan hari Senin, kalau lima sak semen diberikan langsung setelah badai cempaka,” ujar Aka kepada Harianjogja.com, Selasa (23/1/2018).

Sementara penanganan talut longsor di Dusun Dongkelan, Aka mengatakan hal tersebut sudah dikoordinasikan dengan BBWSO dan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul.

“Kalau pelaksanaan pembangunan wewenang BBWSO dan DPUPKP. Kami sudah mengkoordinasikan kondisi talud,” kata Aka.

Sebelumnya, Sumarni (50), pemilik rumah tingkat dua yang terdampak longsor mengatakan saat badai cempaka, lantai rumahnya retak dan tanah langsung amblas. Dia dan mendiang suaminya langsung mengungsi di musala yang terletak persis di samping rumah terdampak.

“Sudah mengajukan berkali-kali ke Pemkab, tetapi gak ada respon, saya dan tiga anak saya sampai sekarang tinggal di musholla,” ujar Sumarni, Senin (22/1/2018).

Adik ipar Sumarni, Muhammad Kurnadis (43), mengatakan talut di aliran Sungai Winongo selama ini masih belum permanen. Sejak awal warga bergotong royong membangun talud secara swadaya.

Oleh karena itu, kualitas talud pun jadi terbatas dan warga berharap ada pembangunan talud permanen secepatnya. Dia juga mengatakan karena longsor tersebut, kerugian yang ditimbulkan mencapai 300 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya