SOLOPOS.COM - Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan. (JIBI/Solopos/Dok.)

BPJS Kesehatan mempengaruhi bisnis apotik.

Harianjogja.com, SLEMAN – Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (IAI DIY), Wimbuh Dumadi mengatakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memang diharapkan dapat menekan biaya pengobatan. Salah satunya memang merekomendasikan obat generik.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Imbasnya memang akhirnya pada penurunan pendapatan pada perusahaan farmasi. Namun ini demi keterjangkauan obat yang digunakan masyarakat,” kata Wimbuh, Senin (18/1/2016)

Kepala Badan POM, Roy Alexander Sparringa mengatakan obat generik banyak digunakan sebagai alternatif mahalnya harga obat. Tingginya harga obat, salah satunya diakibatkan oleh bahan baku obat yang masih bergantung pada impor.

“Lebih dari 96% bahan baku diimpor, sehingga harganya pun sangat bergantung pada harga dolar. Padahal, bahan baku obat yang diimpor pun ada yang tidak memenuhi standar pharma grade,” ujar Roy.

Sedangkan Presiden Direktur PT Dexa Medica, Ferry Soetikno mengatakan salah satu solusi permasalahan ini adalah dengan memproduksi sendiri bahan baku obat dengan memanfaatkan bahan lokal.

“Saat ini sudah ada cikal bakal produksi bahan baku obat dengan ekstrak bahan alam. Pengusaha pun mendesak pemerintah untuk menggenjot produksi bahan baku lokal ini,” kata Ferry. (Joko Nugroho/*)

Pasar farmasi Indonesia tahun 2016 diperkirakan tumbuh 11,8% dengan total nilai sebesar US$ 4,6 Miliar dengan konsumsi per kapita US$ 19. Namun bagi industri farmasi, pertumbuhan hanya dinikmati  oleh perusahaan farmasi besar, sedangkan perusahaan domestik dengan skala menengah ke bawah menghadapi kesulitan pemasaran produknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya