SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan truk. (Freepik.com)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Sebuah truk pengangkut sampah terlibat kecelakaan tunggal dengan menabrak rumah yang berada di Jalan Jogja-Wonosari, Dusun Widoro Kulon, Bunder, Patuk, Gunungkidul, Minggu (18/12/2022) pagi. Akibat kecelakaan itu, sebuah tembok rumah ambruk hingga mengakibatkan satu unit mobil sedan hatchback ringsek karena tertimpa reruntuhan bangunan.

Kanit Laka Polsek Patuk, Iptu Paryadi, mengatakan kecelakan tunggal terjadi sekitar pukul 05.16 WIB. Saat kejadian, truk penuh bermuatan sampah yang dikendarai Rafitullah Rangga, 19, asal Kalurahan Banyusoco, Playen, melaju dari arah Kota Jogja menuju Wonosari.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Setibanya di lokasi kejadian, tiba-tiba truk hilang kendali dan menabrak dua tiang rambu-rambu jalan. Tak berhenti di situ, truk terus melaju dan menabrak tembok rumah milik salah seorang warga.

Nahasnya, di samping tempok terdapat garasi yang terparkir mobil sedan hatchback. Akibat tertimpa reruntuhan tembok, atap mobil ringsek dan kaca depan pecah karena tertimpa material reruntuhan.

“Tidak ada korban jiwa karena sopir truk selamat. Diperkirakan kerugian mencapai Rp50 juta untuk mobil dan bangunan rumah sebesar Rp4 juta,” kata Paryadi.

Baca juga: Menyingkap Sunat Perempuan di Banyumanik Semarang, Antara Syariat & Medis

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi di sekitar lokasi, kecelakaan terjadi dikarenakan sopir dalam kondisi mengantuk. Untuk penanganan, sudah ada petugas yang mendatangi lokasi kejadian.

Meski demikian, sambung Paryadi, kasus tidak dilanjutkan ke proses hukum dikarenakan korban bersama-sama dengan sopir sepakat untuk menyelesaikan secara kekeluargaan.

“Konsekuensinya, sopir truk harus mengganti kerusakan tembok yang ambruk serta memperbaiki mobil yang rusak,” katanya.

Baca juga: Miris! Banyak Kecelakaan di Gunungkidul karena Jalan Gelap, LPJU Tak Ditambah

Ia berharap peristiwa ini menjadi pelajaran bersama sehingga kejadian yang sama tidak terulang. “Ya kalau ngantuk lebih baik istirahat. Sebab, kalau tetap nekat bisa berhaya bagi sendiri maupun orang lain,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Sampah Tabrak Rumah di Jalan Jogja Wonosari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya