SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia
Ilustrasi

Harianjogja.com, KULONPROGO – Buah impor berformalin ditemukan di Kulonprogo dalam operasi yang digelar Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY, Kamis (25/7/2013). Buah-buah tersebut diambil dari pedagang besar di Jogja.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Koordinator tim pengawas, Martini Lastianingsih menjelaskan dalam kegiatan itu petugas mengambil sepuluh sampel buah impor diantaranya pear, anggur, apel, jeruk sunkist, dan kelengkeng dari pedagang buah di depan Stasiun Wates.

“Setelah diperiksa, kadar formalin terlihat positif pada buah apel merah dan anggur,” katanya, usai kegiatan.

Dalam pengujian kandungan formalin menggunakan rapid test kit itu didapati buah anggur merah dan apel merah impor positif mengandung formalin, karena alat uji berubah warna menjadi ungu.

Kendati demikian, kata Martini, hasil uji itu baru secara kualitatif dan belum diketahui kuantitatifnya, sehingga akan diujikan lagi di laboratorium UGM yang telah terakreditasi.

Samirah,52, sang pedagang yang kedapatan menjual buah berformalin mengaku tidak tahu menahu karena ia membeli buah tersebut dari penyuplai di wilayah Kota Jogja.

“Tapi jenis buah itu memang lebih tahan lama, tidak cepat busuk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya