SOLOPOS.COM - Buaya di Dusun Kwagon Desa Sidorejo Godean Sleman menjadi tontonan warga, Jumat (1/12/2017). (Nugroho Nurcahyo/JIBI/Harian Jogja)

Buaya muara yang sempat menghebohkan warga Kwagon, Sidorejo, Godean akhirnya dapat ditangkap, Jumat (1/12/2017)

 
Harianjogja.com, SLEMAN- Buaya muara yang sempat menghebohkan warga Kwagon, Sidorejo, Godean akhirnya dapat ditangkap, Jumat (1/12/2017). Asal muasal buaya muara itu masih didalami.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Baca juga : Seperti Ini Proses Penangkapan Buaya Sepanjang 2 Meter di Godean

Penangkapan buaya tersebut melibatkan sejumlah unsur. Mulai relawan Pakuwojo, aparat Polsek dan Koramil Godean serta warga Sidorejo. Buaya tersebut berhasil ditangkal sekitar pukul 10.00 WIB tanpa menggunakan umpan apapun di Sungai Soka, Kwagon 1.

Buaya muara tersebut awalnya terlihat mulai sejak Rabu (29/11/2017), hanyut di sungai di wilayah Dusun Kwagon. Diduga, buaya sepanjang 2 meter, berat 60 cm dengan lingkar badan 45 cm itu berasal dari kolam atau rawa bakungan yang dilepas oleh pemiliknya.

Belum diketahui asal muasal dan berapa bibit buaya yang dilepas di kolam tersebut. “Setahu saya ya di rawa bekas galian tanah lempong di Kwagon. Benihnya ada yang melepasi. Kami masih selidiki masalah ini,” kata Dukuh Kwagon Sukiman, usai penangkapan.

Sebelum ditangkap Jumat kemarin, salah seorang warga melihat jejak tapak buaya pada Kamis (30/11/2017) di area persawahan menuju arah Sungai Soka. Warga mulai melakukan penyisiran dan memastikan jejak tapak tersebut berhenti di Sungai Soka.

Kini pihaknya masih belum dapat memutuskan, buaya tersebut akan diapakan. Apakah disertahkan ke BKSDA atau ke Gembira Loka. “Kami masih akan konsultasikan ke BKSDA,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya