SOLOPOS.COM - Warga Desa Ngargosari menampilkan Tari Incling Krido Mudo pada gelar seni kantong budaya di Lapangan Ngargosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Sabtu (30/5/2015). (JIBI/Harian Jogja/Rima Sekarani I.N.)

Desa budaya di Kulonprogo perlu dikembangkan untuk melestarikan nilai dan karakter Jogja.

Harianjogja.com, KULONPROGO— Desa budaya di Kulonprogo harus selalu dikembangkan keberadaannya. Karena aktivitas di desa budaya bisa menjadi media penguatan ciri dan karakter budaya bangsa, di tingkat desa.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Diketahui saat ini, dari total 56 Desa Budaya di DIY, 15 diantaranya ada di Kulonprogo, dengan 30 pendamping dan tiga orang tim monitor.  Selain itu, Kulonprogo juga memiliki 11 Rintisan Desa Budaya, dan 62 Kantong Budaya.

Kepala Seksi Adat dan Tradisi Dinas Kebudayaan DIY, Markus Suwarisman menuturkan, jajarannya berharap desa budaya bisa menyajikan kegatan adat dan tradisi. Desa budaya hendaknya masih mempertahankan upacara adat, tidak menghilangkan ciri dan nilai-nilai falsafah hidup yang diyakini nenek moyang dalam tradisi mereka.

“Sebetulnya ada banyak aspek yang bisa dikembangkan, mulai ekonomi, sosial, budaya. Dari nilai-nilai itulah kehidupan masyarakat bisa berkembang,” kata dia, di sela Gelar Potensi Desa Budaya, di Lapangan Dusun Kepek, Desa Sendangsari, Minggu (1/10/2017).

Dengan adanya nilai dan aktivitas yang dikembangkan, maka nantinya desa budaya bisa memiliki keunggulan, dan menjadikannya sebagai karakter. Karena mau tidak mau, sebagai Daerah Istimewa Yogyakarta, setiap anggota masyarakat harus bisa menciptakan karakter kejogjaan yang kuat. Baik itu melalui aktivitas, tradisi, upacara adat, kerajinan, hingga keragaman kuliner. Gelar potensi desa budaya merupakan salah satu cara mengevaluasi, sejauh mana kemampuan desa menampilkan kekuatan adat mereka sebagai potensi budaya yang ada.

Salah seorang warga, Sri Sukamti menilai kegiatan gelar potensi desa budaya memiliki nilai positif. Karena dengan acara itu, masyarakat umum bisa mengetahu berbagai macam budaya. Terutama budaya khas masing-masing desa, yang bisa ditonjolkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya