SOLOPOS.COM - KAMPUNG WISATA—Suasana kampung wisata Dipowinatan, Rabu (11/4) (JIBI/Harian Jogja/Andreas Tri Pamungkas)

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta memprediksi jumlah wisatawan yang akan hadir ke DIY di Desember ini akan mengalami kenaikan

 
Harianjogja.com, JOGJA— Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta memprediksi jumlah wisatawan yang akan hadir ke DIY di Desember ini akan mengalami kenaikan 20 hingga 25 % dari tahun sebelumnya.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Benar tidaknya perkiraan Aris, namun kampung wisata Sosromenduran dan Dipowinatan mengalami kenaikan pengunjung di libur akhir tahun ini.

Menurut Ketua Kampung Wisata Dipowinatan, Sigit Istiarto, beberapa homestay dan destinasi wisata di Dipowinatan mengalami kenaikan sebanyak 10% dari tahun sebelumnya. Bahkan destinasi dengan minat khusus itu tidak lagi bergantung pada wisatawan mancanegara.

“Pangsa utamanya wisatawan asing, domestiknya belakangan ini kedatangannya bertambah,” ujar Sigit, Selasa (26/12/2017).

Menurut perhitungan Sigit, pada akhir Desember ini setidaknya 10  hingga 15 orang rutin mengunjungi wisata berbasis budaya Jogja itu.
Di mana ia menengarai setidaknya lebih dari 150 orang akan menginap di Dipowinatan.

“Mereka yang menginap di Homestay Dipowinatan menginginkan menikmati suasana santai di Jogja, mereka kepingin dan bagaimana tahun baruan di kampung itu seperti apa,” jelas Sigit yang juga Ketua Pokdarwis DIY itu.

Sementara, menanggapi dijadikannya Kampung Wisata di Jogja sebagai kawasan penyangga wisata perkotaan oleh dinas pariwisata Kota Jogja, Sigit ungkapkan Kampung Wisata Dipowinatan telah menyiapkan beberapa atraksi budaya.

Selain wisata edukasi berbasis budaya Jogja seperti filosofi terkait pakaian adat Jogja, filosofi arsitektur bangunan Jogja, dan cara mendidik anak dengan budaya Jogja, wisatawan juga bisa menikmati atraksi kesenian budaya yang akan dihadirkan Kampung Wisata Dipowinatan.

“Kami berharap bisa mensupport menjadi penyangga wisata perkotaan, kami sedang bersiap – siap mengadakan dengan atraksi wisata, semoga menjadi kantong wisata belanja dan kuliner di tahun mendatang,” ujar Sigit, Selasa (26/12/2017).

Sementara, lonjakan lebih besar terjadi di Kampung Wisata Sosromenduran, dimana 23 homestay telah penuh dipesan wisatawan, pada akhir pekan lalu.

Bahkan, Menurut Sekertaris Jendral Kampung Wisata Sosromenduran, Edi Subagio bahwa pada libur natal tidak hanya homestay di wilayah jalan Dagen, dan Jl. Sosrowijayan yang kebanjiran penginap, tetapi hotel di wilayah Kampung Wisata Sosromenduran juga mengalami hal serupa.

“Ya kenaikan [dari tahun lalu] sekitar 50an persen,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya