SOLOPOS.COM - Ilustrasi polusi udara. (Reuters-Gonzalo Fuentes)

Solopos.com, JOGJA — Kondisi kualitas udara di wilayah Jogja ternyata juga perlu menjadi perhatian. Hal ini karena kualitasnya juga cukup mengkhawatirkan. Bahkan ada beberapa titik di Jogja yang kualitas udaranya memiliki kadar polusi tinggi.

Harianjogja.com (Solopos Media Group) mengecek data sejak 2021 hingga 2023 melalui aplikasi Nafas, Indonesia Air Quality. Dalam aplikasi ini membandingkan kualitas udara Jakarta, Jogja, Semarang dan Malang.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Khusus untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sensor milik Nafas dipasang sejak Januari 2021. Sampai 2023 ada enam sensor Nafas yang dipasang di Kota Jogja.

Sensor ini memiliki blok warna dengan arti berbeda-beda, kualitas udara yang berwarna hijau berarti berstatus baik. Sayangnya jarang terjadi di Jogja sejak 2021 sampai 2023.

Kulitas udara di Jogja lebih banyak didominasi warna kuning yang berarti moderat. Juga banyak muncul blok warna oranye yang berarti tidak sehat untuk sejumlah orang yang sensitif.

Bahkan dari grafik kualitas udara, wilayah Sorowajan, menurut Aplikasi Nafas, memiliki kadar polusi paling tinggi. Beberapa wilayah ramai seperti Tugu Jogja dan sekitar Plaza Ambarrukmo  juga menampakkan hasil blok merah.  Sedangkan rata-rata polusi udara di DIY sedikit menurun dibandingkan tahun 2022.

Sebelum pengecekan melalui Aplikasi Nafas, memburuknya kualitas udara di Kota Jogja diakui Dinas Lingkungan Hidup.

Kualitas udara di Kota Jogja memburuk selama awal Agustus ini, diduga karena aktivitas pembakaran sampah akibat TPA Piyungan ditutup.

Kepala UPT Laboratorium Lingkungan DLH Jogja Sutomo menyebut peningkatan pencemaran udara sebanyak 70% itu terutama karena kadar PM 2,5 atau partikel debu halus yang meningkat.

“PM 2,5 ini meningkat sebanyak 70 persen dari biasanya, penyebab pastinya apa kami belum kaji mendalam, tapi ada dugaan karena pembakaran sampah,” jelasnya, Sabtu (12/8/2023).

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ramai Soal Kualitas Udara Jogja, Kadar Polusi Sorowajan Paling Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya