SOLOPOS.COM - Kawasan wisata Bunker Kaliadem Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. (Abdul Jalil/Solopos.com)

Solopos.com, JOGJA — Salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisatanya adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Provinsi ini memang sejak lama menjadi jujukan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

DIY yang terdiri dari empat kabupaten dan satu kota memiliki beragam tempat wisata, mulai wisata alam, wisata pantai, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata belanja. Objek yang menjadi andalan pariwisata DIY, seperti Pantai Parantritis, Pantai Indrayanti, Malioboro, Candi Prambanan, Keraton Jogja, kawasan Gunung Merapi, dan lainnya.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Mengutip dari buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2023 yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022 tercatat ada 121 objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sepanjang tahun 2022 juga tercatat ada sebanyak 130.415 turis mancanegara dan sebanyak 19.851.236 wisawatan lokal yang berkunjung ke Yogyakarta.

Banyaknya jumlah objek wisata di DIY tersebut tersebar di empat kabupaten dan satu kota. Berikut ini daerah yang memiliki tempat wisata paling banyak di DIY menurut data BPS:

  1. Kabupaten Kulonprogo

Kabupaten Kulonprogo menjadi daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki objek wisata paling banyak. Dilihat dari data BPS, pada tahun 2022 tercatat ada sebanyak 44 objek wisata di Kabupaten Kulonprogo. Sebagai daerah yang memiliki potensi di bidang pembangunan dan investasi karena hadirnya Bandara YIA, Kabupaten Kulonprogo juga memiliki potensi di bidang pariwisata.

wisatawan asing ke yogyakarta
Sejumlah penari Sanggar Sabdo Dadi menampilkan Tari Rara Ngigel dalam Gebyar Bregas Budaya di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, DI Yogyakarta, Minggu (28/5/2023). Ajang budaya yang digelar setiap akhir bulan tersebut untuk menghibur penumpang pesawat di bandara setempat dan sekaligus sebagai upaya pelestarian kebudayaan tradisional. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz.

Mulai dari wisata pegunungan, pantai, air terjun, hingga gua. Objek wisata tersebut meliputi Pantai Glagah Indah, Air Terjun Kembang Soka, Puncak Gunung Lanang, Air Terjun Kedung Pedut, dan masih banyak lagi.

  1. Kabupaten Gunungkidul

Daerah kedua yang memiliki objek wisata terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Gunungkidul. Dari catatan BPS, pada tahun 2022 di Kabupaten Gunungkidul ada total 42 objek wisata. Sedangkan kunjungan turis asing ke Kabupaten Gunungkidul ada 709 orang dan sebanyak 3.106.063 wisatawan lokal.

Ratusan orang terlihat memadati kawasan Pantai Pulangsawal (Wisatawan sering menyebutnya Pantai Indrayanti), Kecamatan Tepus, saat libur lebaran lalu. Diprediksi, saat libur akhir tahun jumlah pengunjung di kawasan wisata di Gunungkidul melonjak hingga 200.000 orang. foto diambil Rabu (30/7/2014). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)
Ratusan orang memadati kawasan Pantai Pulangsawal (Wisatawan sering menyebutnya Pantai Indrayanti), Kecamatan Tepus, saat libur lebaran lalu. Diprediksi, saat libur akhir tahun jumlah pengunjung di kawasan wisata di Gunungkidul melonjak hingga 200.000 orang. Foto diambil Rabu (30/7/2014). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Kabupaten Gunungkidul memiliki deretan pantai yang indah dan menawan. Seperti Pantai Indrayanti, Pantai Gesing, Pantai Krakal, Pantai Sedahan, Pantai Mesra dan masih banyak lagi. Selain pantai juga terdapat beragam tempat wisata lain seperti Goa Pindul, Goa Jomblang, HeHa Sky View, hingga Puncak Segoro.

  1. Kabupaten Sleman

Daerah ketiga yang memiliki objek wisata terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Sleman. Pada tahun 2022, Kabupaten Sleman tercatat ada sebanyak 41 objek wisata. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Sleman mencapai 65.302 wisatawan dan 7.105.769 wisatawan lokal.

Berwisata menggunakan jeep di Kalikuning kawasan Lereng Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu favorit wisatawan. (Lajeng Padmaratri/Harian Jogja) daerah paling padat di diy tempat wisata diy
Berwisata menggunakan jeep di Kalikuning kawasan Lereng Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi salah satu favorit wisatawan.
(Lajeng Padmaratri/Harian Jogja)

Salah satu objek wisata yang cukup populer dan mendunia adalah Candi Prambanan. Selain Candi Prambanan, juga ada deretan objek wisata lainnya seperti Tebing Breksi, Candi Sambisari, Monumen Yogya Kembali, Ullen Sentalu Museum, dan masih banyak lagi.

  1. Kabupaten Bantul

Daerah keempat yang memiliki jumlah objek wisata terbanyak di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Kabupaten Bantul. Pada tahun 2022 tercatat ada sebanyak 38 objek wisata di Kabupaten Bantul. Objek wisata paling populer yakni Pantai Parangtritis yang juga menjadi pantai terfavorit di DIY. Selain itu, ada Hutan Pinus Pengger, Gumuk Pasir, Hutan Pinus Mangunan, Pantai Goa Cemara, Puncak Becici, dan masih banyak lagi.

tempat wisata diy
Umat Hindu membawa sesaji saat prosesi upacara Melasti di Pantai Parangkusomo, Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu (18/3/2023). (Antara/Andreas Fitri Atmoko)

Namun jumlah turis asing yang berkunjung ke Kabupaten Bantul tidak banyak hanya 129 wisatawan. Walaupun demikian, wisatawan lokal yang berkunjung ke Kabupaten Bantul cukup banyak yakni sebanyak 5.419.499 wisatawan.

  1. Kota Jogja

Kota Jogja menjadi daerah yang paling sedikit memiliki objek wisata. Menurut catatan BPS, pada tahun 2022 Kota Jogja memiliki sebanyak 26 objek wisata. Walaupun paling sedikit, Kota Jogja memiliki jumlah kunjungan wisatawan yang cukup banyak. Ada sebanyak 62.261 wisatawan mancanegara dan sebanyak 2.658.606 wisawatan lokal.

malioboro wisatawan libur lebaran 2023, wisata malam jogja
Papan nama Jl. Malioboro yang menjadi salah satu lokasi berfoto wisatawan di kawasan Malioboro, Kota Jogja. (Antaranews.com)

Objek wisata populer yang terletak di Kota Jogja cukup banyak, seperti Malioboro, Taman Sari, Benteng Vredeburg, dan Keraton Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya