SOLOPOS.COM - Ilustrasi

BUMD Bantul, jabatan Dirut Aneka Dharma akan dicopot. Pemkab berencana melelang jabatan.

Harianjogja.com, BANTUL Pemkab Bantul merencanakan mencopot jabatan direktur utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Aneka Dharma saat ini. Pemerintah segera membuka lelang jabatan direktur PD Aneka Dharma yang baru.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Kepala Bagian Kerjasama Pengembangan Potensi Daerah (KPPD) Kabupaten Bantul Bantul Edi Bowo Nur Cahyo menyatakan, keputusan mengganti Direktur PD Aneka Dharma yang kini dijabat Farid Hilmi itu sesuai instruksi dari Bupati Bantul Sri Surya Widati. Lantaran perusahaan plat merah itu sampai saat ini belum menunjukan kinerja yang memuaskan.

Pemkab kata dia meyakini, reformasi di pucuk pimpinan perusahaan akan membuat PD Aneka Dharma berkembang baik.

“Bupati belajar dari pergantian Dirut PDAM [perusahaan daerah air minum] Bantul, setelah pemerintah melakukan lelang jabatan dan pergantian kepemimpinan sekarang perusahaan itu berkembang baik dan memberikan laba,” terang Edi Bowo Nur Cahyo Kamis (15/1/2015).

Rencana lelang jabatan itu sudah dibicarakan sejak Juli tahun lalu. Pemerintah telah memutuskan bakal membuka lelang jabatan Dirut PD Aneka Dharma pada triwulan pertama tahun ini.

“Kami akan buka lelang jabatan ini juga akan kami sampaikan ke media, kami membentuk tim untuk proses ini,” lanjutnya.

Upaya mereformasi manajemen perusahaan menurut dia semakin kuat setelah belakangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengeluarkan laporan hasil pemeriksaan atas kinerja PD Aneka Dharma. Lembaga auditor itu menyebut PD Aneka Dharma membebani keuangan daerah senilai Rp1,2 miliar.

“Laporan BPK juga mendorong kami mengevaluasi perusahaan agar menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya