SOLOPOS.COM - Pasar Seni Sentolo (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo tetap meyakini keberadaan Pasar Seni Sentolo masih menyimpan potensi menggeliat meski secara fisik kondisinya sangat memprihatinkan.

Hasto menyatakan belum menyerah untuk berkomitmen menjadikan pasar seni itu sebagai sebuah wahana pemasaran beragam produk kerajinan khas Kulonprogo.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Saat ini kondisinya memang dari luar terlihat mati suri. Tapi jika menelisik lebih dalam, sebenarnya masih ada aktivitas di balik pasar itu,” ujar Hasto, baru-baru ini.

Cuma, menurut Hasto, aktivitas di pasar itu memang tidak kelihatan secara kasat mata.

Dia tidak menampik, beberapa kios kelihatan sering tutup. Tapi di balik semua itu, dia menyebut ada transaksi pemesanan sejumlah barang kerajinan. Bahkan, pesanan datang dari sejumlah wilayah di luar kota.

“Saya tahu benar, penggiat kerajinan di pasar itu eksis melayani pesanan. Artinya pasar itu tetap eksis. Salah kalau dibilang mati suri,” tandasnya.

Komitmen dia terhadap pasar itu sangat nyata lantaran ke depan Sentolo bakal berubah menjadi kiblat baru perekonomian di Kulonprogo.

Menurut Hasto, nadi perekonomian di Sentolo akan berdenyut ketika megaproyek sudah bergulir.
Dia optimistis ketika Sentolo sudah menjadi kiblat perekonomian Kulonprogo, maka Pasar Seni akan turut berkembang dengan sendirinya.

Kepala Dinas Perdagangan Industri ESDM Kulonprogo, Niken Probolaras mengungkapkan telah melakukan kerjasama dengan Bank Indonesia untuk pengembangan pasar itu.

Niken mengatakan, BI kini tengah mempelajari proposal pengembangan pasar seni itu.

“Dulu BI berkomitmen untuk memberikan bantuan guna pengembangan pasar itu. Saat ini kami tengah menunggu dana dari BI untuk realisasi pengembangan sehingga pasar benar-benar bisa menjadi sentra kerajinan yang hidup,” tandas Niken saat dikonfirmasi terpisah, Selasa (14/1/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya