SOLOPOS.COM - Kemacetan parah terjadi di jalan menuju Pantai Gunungkidul. Adapun lebar jalan hanya lima meter. (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mempersiapkan berbagai rekayasan lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Ada beberapa jalur rawan macet yang harus diwaspadai wisatawan.

Jalur utama yang berada di Jalan Wonosari diperkirakan macet di sekitar Jalan Raya Piyungan-Patuk dan Putat. Sementara jalur wisata yang diperkirakan macet terjadi di Jalan Baron.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Rekayasa jalur utama akan dilakukan dengan mengarahkan arus kendaraan menuju Gunungkidul melewati Patuk lalu ke Dlingo menuju Playen. Sementara dari arah Gunungkidul menuju Jogja diarahkan melewati Patuk lalu Nglanggeran tembus Prambanan.

Kepala Bidang Lalin Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, mengatakan saat Jalan Baron macet, arus menuju pantai akan dilewatkan Playen ke Paliyan lalu Jalur Jalan Lingkar Selatan (JJLS).

“Sementara arus balik wisatawan dipecah dari arah pantai ke arah barat dan timur. Timur lewat Tepus lalu JJLS, barat lewat Saptosari lalu JJLS, sebisa mungkin tidak lewat Jalan Baron karena dari tahun ke tahun memang macet di momen liburan,” jelasnya, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga: Pengunjung Objek Wisata Dibatasi saat Libur Nataru, Dishub DIY Siapkan Skenario

Bayu menyebut alternatif tersebut diterapkan tergantung kondisi. “Prinsipnya situasi dan kondisi lapangan nanti seperti apa kami sudah sediakan kemungkinan-kemungkinannya, personel juga akan membuat pos jaga dan melakukan pantauan langsung,” ujarnya.

Rekayasa lampu lalu lintas, lanjut Bayu, juga akan dilakukan untuk mengatur kelancaran arus di tiap persimpangan.

“Nanti lampu lalin akan diatur terpusat, jadi kalau ada macet bisa diatur green time-nya supaya lebih lancar sesuai kebutuhan dan kondisi,” katanya.

Jalur Rawan Laka

Kasatlantas Polres Gunungkidil, AKP Purwanta, mengatakan jalur rawan kecelakaan menjadi atensi kepolisian. Penambahan rambu-rambu lalu lintas telah dilakukan untuk mengurangi kecelakaan saat Nataru.

Baca Juga: Yogyakarta Diperkirakan Padat saat Libur Nataru, 1 Juta Kendaraan Bakal Masuk

Purwanta menyebut kepolisian juga sudah menyurati organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menekan angka kecelakaan.

“Misalnya kecelakaan karena jalan berlubang sudah kami surati. Dinas PU agar memperbaiki jalannya, lalu kecelakaan karena penerangan jalan minim juga kami surati Dishub juga,” kata dia.

Titik rawan kecelakaan, jelas Purwanta, di Gunungkidul berada di daerah yang terjal dan menanjak.

“Titik rawannya seperti di Piyungan-Patuk, Bunder, dan beberapa titik di pantai selatan yang geografi wilayahnya naik turun, pada daerah seperti itu kami minta pengendara untuk lebih hati hari,” katanya.

Baca Juga: Tugu Jogja Expo Dihentikan Permanen, Penyelenggara Bakal Gugat Pemkot

Kendaraan pribadi harus dicek sebelum berlibur ke Gunungkidul. Seperti memastikan rem dan perlengkapan kendaraan lain aman.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Libur Telah Tiba, Ini Jalur Rawan Macet dan Kecelakaan di Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya