SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol. (Freepik)

Solopos.com, SLEMAN — Pemerintah berencana membuka secara fungsional sebagian ruas jalan Tol Solo-Jogja saat mudik Lebaran tahun ini. Jalur yang dibuka itu pun rencana akan digratiskan atau tidak dikenai tarif.

Jalur Tol Solo-Jogja yang akan dibuka secara fungsional itu adalah ruas Kartasura hingga Klaten yang merupakan bagian dari Jalan Tol Solo-Jogja Seksi I sepanjang 42,38 kilometer (km).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

General Manager Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Muhammad Amin, menjelaskan kemungkinan pembukaan sebagian ruas Tol Solo-Jogja secara fungsional masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat. Sejumlah faktor akan turut menjadi bahan pertimbangan, termasuk kemungkinan kemacetan di wilayah Klaten saat arus mudik maupun balik Lebaran 2023.

Dengan rencana pembukaan sebagian ruas itu, proses pengerjaan Tol Solo-Jogja pun akan dikebut. Meski demikian, proses pengerjaan itu akan menghadapi sedikit kendala yang berasal dari faktor cuaca, yakni hujan.

“Kami terus berusaha mempercepat pembangunan dan menjalin komunikasi dengan stakeholder terkait,” kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 12 jalan tol anyar beroperasi saat periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, memaparkan jalan tol baru yang siap beroperasi saat arus mudik lebaran tahun ini antara lain Jalan Tol Serpong-Cinere, Jalan Tol Cibitung-Cilincing.

Hedy mengatakan PUPR juga menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi secara penuh saat mudik Lebaran

“Cisumdawu saat lebaran nanti full beroperasi,” kata Hedy dalam paparannya di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Hedy melanjutkan jalan tol baru lainnya yang akan beroperasi ialah Jalan Tol Sigli-Banda-Aceh. Pada Lebaran nanti, ruas yang akan dibuka adalah Seksi 5. Selanjutnya, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A, Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B, dan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A.

“Berikutnya Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1B, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan 2 paket 3,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya