SOLOPOS.COM - Suasana di kawasan Embung Batara Sriten di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar. Foto diambil belum lama ini./Istimewa - Dinas Pariwisata Gunungkidul

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bakal menggelar Sriten Festival di kawasan wisata Embung Batara Sriten di Kalurahan Pilangrejo, Nglipar, pada tanggal 25-27 Agustus 2023. Agenda ini bertujuan untuk mempromosikan wisata di sisi utara Gunungkidul.

Ulu-Ulu Kalurahan Pilangrejo, Aris Widartono, mengatakan Sriten Festival 2023 ini diselenggarakan atas kerja sama antara Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pemkab Gunungkidul. Kegiatan ini menggunakan dana keistimewaan dari pemda DIY.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dia menyampaikan berbagai kegiatan telah dipersiapkan dalam event tersebut, mulai dari lomba paralayang, kirab budaya, dan kenduri bersama di puncak gunung.

“Tema kegiatan adalah Destination Sport and Culture. Lokasinya berada di kawasan Embung Batara Sriten,” katanya, Jumat (11/8/2023).

Dia berharap acara Sriten Festival dapat berjalan dengan lancar. Penyelenggaraan kegiatan, salah satunya untuk mempromosikan wisata di sisi utara Gunungkidul. Salah satunya di Embung Batara Sriten di Kalurahan Pilangrejo.

Embung Sriten merupakan salah satu destinasi wisata tertinggi di Gunungkidul. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 859 meter di atas permukaan laut.

“Pemandangannya indah dan destinasi ini menjadi salah satu spot untuk paralayang. Makanya saat festival diadakan lomba olahraga ini,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mendukung penuh upaya pengembangan sektor utara, salah satunya yang menyangkut destinasi wisata. Menurut dia, dari sisi objek banyak lokasinya unggulan mulai dari kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung Sriten hingga kawasan Gunung Gambar.

Selama ini baik program masih terpusat di zona selatan dengan panorama keindahan pantai. Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk mengembangkan sisi utara sehingga muncul pemerataan di wilayah Gunungkidul mulai dari selatan, tengah hingga utara.

“Tujuannya untuk pemerataan dan berkeadilan. Jadi, sisi utara menjadi salah satu titik yang diprioritaskan dalam pembangunan,” katanya.

Sunaryanta mengungkapkan, untuk pembangunan sudah dimulai. Selain pembangunan jalan, juga ada pembuatan parkir di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Sudah dimulai dan harapannya bisa berdampak signifikan terhadap upaya pengembangan wisata, khususnya di zona utara Gunungkidul. Untuk yang lain akan dilakukan secara bertahap,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Sriten Festival Digelar untuk Promosikan Wisata Zona Utara Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya