SOLOPOS.COM - Petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan perbaikan jaringan instalasi listrik di Desa Selang, Kecamatan Wonosari berapa waktu lalu. (Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja)

Cuaca ekstrim jadi ancaman kelistrikan.

Harianjogja.com, BANTUL–Cuaca ekstrem yang diprediksi masih akan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan jadi ancaman bagi Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pasalnya selain menyebabkan banyak pohon tumbang dan menimpa jaringan kelistrikan, cuaca juga bakal menyebabkan korosi pada elemen kelistrikan.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Humas PLN Area Yogyakarta, Paulus Kardiman menuturkan dari data yang diperolehnya mayoritas gangguan terjadi pada jaringan kelistrikan. Gangguan jaringan kelistrikan ini menurutnya banyak terjadi di wilayah Kabupaten Bantul.

Misalnya seperti ranting dan batang pohon yang mengenai kabel listrik karena cuaca ekstrem beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu pihaknya mengimbau masyarakat agar memperhatikan kondisi sekitar. Apabila mendapati gangguan semacam itu, sebaiknya segera lapor ke petugas agar dapat ditangani secepatnya.

Kardiman juga menjelaskan dalam pergantian cuaca musim hujan ke kemarau atau sebaliknya, banyak terjadi korosi pada elemen kelistrikan. Efek kimia pada pergantian musim ini dapat mengganggu kinerja sarana prasarana dan menyebabkan pasokan tidak maksimal.

Lebih lanjut ia mengatakan penanganan gangguan setiap kasus berbeda. Hal ini tergantung dari jenis kerusakan dan kondisi medan di titik kerusakan. Sehingga pihaknya mengharap potensi gangguan bisa diselesaikan sebelum gangguan itu terjadi. “Jaringan kita sampai ke pelosok, tentu akan berpengaruh pada proses penanganan,” katanya, Kamis (21/12/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya