SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin kencang (JIBI/Solopos/Dok.)

Cuaca ekstrem diperkirakan masih terjadi hingga lima hari ke depan.

Harianjogja.com, SLEMAN — Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY I Nyoman Sukanta memprediksi hujan lebat dan angin kencang masih akan melanda wilayah DIY hingga lima hari ke depan. Masyarakat diharapkan meningkatkan kesiapsiagaan dan menyiapkan langkah antisipasi menghadapi potensi bencana tersebut.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Baca Juga : CUACA EKSTREM : Kerugian PLN Capai Rp200 Juta, 5.000 Pelanggan Rasakan Dampak

Berdasarkan kondisi dinamika atmosfer laut terkini, katanya, beberapa hari ke depan kondisi angin dilapisan 850mb. Itu menunjukkan adanya angin baratan dan pertemuan angin di atas Pulau Jawa. Kondisi kelembaban di atas Pulau Jawa cukup lembab, lebih dari 80 persen dan kondisi suhu muka air laut di Perairan selatan Pulau Jawa lebih hangat (0.5°C-1°C) dibandingkan kondisi normalnya.

Kondisi tersebut disebabkan Angin Muson Asia yang bertiup ke wilayah Indonesia. Beruntung, katanya, Indonesia berada di jalur Katulistiwa sehingga tidak ada semacam badai Tornado. Meski begitu, potensi hujan lebat di wilayah DIY akan meningkat dengan curah hujan di atas 50mm per hari.

“Hujan turun disertai petir dan angin kencang dengan kecepatan di atas 45km per jam. Ini dapat berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor,” papar Nyoman.

Dia menambahkan, prediksi curah hujan satu minggu ke depan (11 Januari-17 Januari 2017) kategori tinggi (150 mm/minggu-300 mm/minggu) berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Sleman meliputi Kecamatan Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Kalasan, Depok, Mlati, Seyegan, Minggir, Berbah, dan beberapa wilayah DIY lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya