SOLOPOS.COM - Ilustrasi Cuaca ekstrem.(JIBI/Solopos/Dok.)

Cuaca ekstrem kembali terjadi.

Harianjogja.com, SLEMAN – Cuaca di wilayah DIY dan sekitarnya selama beberapa hari terakhir terasa sangat panas. Suhu ini disebabkan karena kandungan uap air tergolong tinggi. Kondisi tersebut berpotensi menimbulkan awan cumulonimbus serta hujan angin dan petir.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Koordinator Stasiun Klimatologi BMKG DIY Joko Budiono menjelaskan, berdasarkan hasil pengamatannya di stasiun klimatologi, kawasan DIY tercatat dengan suhu udara maksimal berkisar 33 derajat hingga 34 derajat. Kemudian kelembabannya pun tergolong cukup tinggi berkisar antara 70 hingga 90%.

Kelembaban atau kandungan uap air yang cukup tinggi itu menjadi penyebab udara menjdi panas. Karena uap air di udara dapat menyerap panas matahari yang akhirnya bisa menghangatkan temperatur di permukaan bumi.

“Kandungan uap air cukup tinggi membuat udara panas atau gerah. Karena uap air itu menyerap panas yang berasal dari radiasi balik dari bumi. Akhirnya memanaskan temperatur bumi, seperti proses pada gas rumah kaca,” terang pria yang berkantor di Jalan Kabupaten, Mlati, Sleman ini, Senin (25/4/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya