SOLOPOS.COM - Sejumlah petugas TRC BPBD Sleman mengevakuasi pohon tumbang di Ringroad Utara, Trihanggo, Gamping, Selasa (18/4/2017). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin kencang menyebabkan kerusakan di Sleman

Harianjogja.com, SLEMAN – Angin kencang disertai hujan lebat melanda sebagian wilayah Sleman. Sejumlah pohon dilaporkan tumbang, sebagian merusak rumah warga.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Pohon tumbang terjadi di jalan Ringroad Barat tepatnya di depan pintu masuk Westlake Resto, Trihanggo, Gamping. Pohon tumbang tersebut menutup akses jalan jalur lambat dan jalur cepat di sekitar lokasi saat hujan deras disertai angin terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Akibatnya, penumpukan kendaraan bermotor dari arah Jombor-Demakijo terjadi beberapa waktu sebelum Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman datang mengevakuasi pohon tersebut.

“Begitu mendapat laporan, tim TRC langsung bergerak, sudah dikondisikan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan, Selasa (18/4/2017).

Selain di wilayah Gamping, pohon tumbang menimpa sebagian rumah bagian belakang Satinem, Dusun Plumbon Cilik, Marorejo, Tempel. Pohon tumbang berdiameter 40 cm juga menimpa rumah Jarto Wiarjo, warga Plumbon Kidul, Tempel.

“Selain di wilayah Gamping dan Tempel, wilayah Godean juga diterpa angin. Namun belum ada laporan terkait kerusakan,” katanya.

Koordinator Stasiun Klimatologi BMKG Jogja Djoko Budiono menjelaskan, selama musim pancaroba seperti ini potensi hujan lebat dengan intensitas singkat disertai dengan angin kencang kerap terjadi. Pihaknya akan memberikan pesan peringatan dini sebelum kejadian.

“Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat kemarin, terjadi di wilayah Sleman bagian  Barat hingga Tengah kemudian meluas ke wilayah Sleman bagian Utara,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya