SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin kencang (JIBI/Solopos/Dok.)

Cuaca ekstrem berupa angin kencang terjadi di Seyegan

Harianjogja.com, SLEMAN — Hujan lebat dan angin kencang melanda wilayah Seyegan dan Tempel, Sleman. Belasan pohon tumbang mengakibatkan sejumlah kerusakan sejumlah rumah warga.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Baca Juga : CUACA EKSTREM : Disapu Angin, Seyegan Porakporanda

Wilayah Seyegan merupakan lokasi paling parah diterpa angin kencang. Belasan pohon tumbang di wilayah Desa Margodado, Margokaton, Margomulyo dan Banyurip (Seyegan). Angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di wilayah Banyurejo (Tempel).

Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, bersama relawan, warga dan kepolisian langsung melakukan evakuasi terkait peristiwa tersebut.

“Selain mengevakuasi pohon, kami juga memberikan bantuan terpal untuk kerusakan atap,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan, Rabu (4/1/2017)

Menurut dia, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Pohon tumbang, katanya, terjadi di enam titik lokasi wilayah Seyegan dan dua titik lokasi di wilayah Tempel. Pohon-pohon yang tumbang tersebut berdiameter antara 10 hingga 60 centimeter.

“Saat ini kami sedang menginventarisasi kerugian material akibat bencana tersebut,” katanya.

Potensi Hujan

Koordinator Pos Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY Joko Budiono mengatakan, hujan ringan dan sedang  disertai angin kencang masih akan melanda wilayah DIY hingga tiga hari ke depan. Dari pantauan kondisi atmosfer terkini, kata Djoko, kelembaban udara di DIY cukup tinggi sebesar 80-90%.

“Angin baratan cukup kuat dan liputan awan cukup banyak. Kondisi ini menyebabkan potensi hujan ringan-sedang,” tandasnya.

Dia menjelaskan, puncak musim hujan di DIY terjadi mulai pertengahan Januari hingga Februari 2017.  Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin.
“Kami membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 0274-2880151,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya