SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi. (Freepik)

Solopos.com, BANTUL — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta melaporkan ada belasan rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 yang berpusat di Bantul pada Jumat (30/6/2023) malam.

Menurut informasi resmi BMKG, gempa bumi yang berlokasi 86 kilometer Barat Daya Bantul dengan kedalaman 25 kilometer itu tidak berpotensi tsunami.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Meski demikian guncangan akibat gempa bumi itu tidak hanya dirasakan di wilayah DIY saja, tetapi juga dirasakan di sejumlah daerah di Jawa Tengah hingg beberapa daerah di Jawa Timur.

Berdasarkan keterangan tertulis dari BPBD DIY, terdapat beberapa kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut.

Dari hasil proses asesmen dilakukan BPBD DIY hingga Jumat pukul 20.40 WIB, terdapat sejumlah titik kerusakan. Di antaranya adalah 15 kerusakan bangunan rumah; satu fasilitas pemerintah, satu fasilitas kesehatan, dua fasilitas pendidikan.

Melalui rilisnya itu, BPBD DIY mengimbau kepada masyarakat untuk benar-benar memastikan kembali kondisi rumahnya masing-masing pascagempa.

“Jika memang ada yang retak atau membahayakan, sebaiknya hindari berada di bawah atau dekatnya,” tulis BPBD DIY.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Gempa Bumi Landa DIY, Belasan Rumah Dilaporkan Rusak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya