SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemiskinan. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, JOGJA — Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi provinsi paling miskin di Pulau Jawa. Hal itu berdasarkan hasil dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2022.

Statistis Utama BPS DIY, Sentot Bangun Widoyono, mengatakan jumlah penduduk miskin di DIY pada September 2022 tercatat sebanyak 463.630 orang atau naik 8.900 orang dibandingkan pada data Maret 2022. Meski demikian, warga miskin di DIY pada September 2022 turun 10.900 orang dibandingkan data Susenas pada September 2021.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

“Kenaikan angka kemiskinan ini perlu menjadi perhatian Pemda DIY mengingat target penurunan angka kemiskinan ekstrem dari Pemerintah Pusat pada 2024,” kata dia saat merilis Profil Kemiskinan di DIY, Senin (16/1/2023).

Sentot menuturkan tingkat kemiskinan Yogyakarta menjadi tertinggi di antara provinsi lain di Pulau Jawa. Kemiskinan di DIY mencapai 11,49% di atas Jawa Tengah sebesar 10,98%. Kemudian di urutan ketiga ada Jawa Timur dengan angka kemiskinan 10.49%. Sementara rata-rata persentase kemiskinan nasional di angka 9,57%.

Dari jumlah tersebut, persentase penduduk miskin di DIY termasuk dari 16 provinsi di atas rata-rata nasional dan 18 provinsi di bawah rata-rata nasional.

Secara nasional, persentase penduduk miskin tertinggi tercatat di Provinsi Papua sebesar 26,80% dan persentase penduduk miskin terendah di Provinsi Bali sebesar 4,53%.

“Artinya apa? DIY perlu ada kebijakan yang lebih intensif lagi untuk menekan angka kemsikinan. Walaupun jumlah orang miskin di DIY angkanya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Waduh….Kemiskinan di Jogja Paling Tinggi se-Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya