SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

GUNUNGKIDUL—Setelah tiga warga Girisubo terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD), Dinas Kesehatan Gunungkidul akhirnya melakukan pengasapan (fogging) untuk memberantas jentik-jentik nyamuk, Senin (28/1/2013). Fogging itu dilakukan di Desa Jerukkidul, Kecamatan Girisubo.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Kepala UPT Puskesmas Girisubo Susilo Yulianto mengatakan, selama 2013, telah terjadi tiga kasus DBD yang terjadi di wilayah kerjanya. Dua di antaranya terdapat di lokasi yang berdekatan di desa Jerukkidul.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Widodo mengatakan, pihaknya memang memberikan bantuan pengasapan kepada daerah-daerah yang terkena kasus demam berdarah. Meskipun begitu, Widodo tetap menegaskan fogging adalah langkah terakhir memberantas wabah demam berdarah,

“Banyak dampak negatifnya, jadi fogging kami jadikan langkah terakhir ketika pemberantasan sarang nyamuk tidak berhasil mengurangi DBD,” terangnya, Jumat (31/1/2013).

Menurut Widodo, langkah paling aman untuk memcegah demam berdarah adalah dengan  memberantas sarang nyamuk. Salah satu caranya adalah dengan melakukan menjaga kebersihan lingkungan, menutup tempat penyimpanan air dan menimbun barang bekas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya