SOLOPOS.COM - Masyarakat Antihoax menggelar aksi simpatik di kawasan Malioboro, Minggu (22/1/2017). Mereka mengajak masyarakat untuk ikut memerangi penyebaran informasi hoax atau bohong yang marak di media sosial. (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)

Demonstrasi Jogja kali ini mengenai ajakan memerangi hoax

Harianjogja.com, JOGJA — Ratusan masyarakat sipil dan pegiat media sosial mengajak masyarakat untuk peduli memerangi penyebaran informasi hoax atau berita-berita bohong yang marak di media sosial akhir-akhir ini.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Baca Juga : DEMONSTRASI JOGJA : Pegiat Media Sosial Ajak Masyarakat Perangi Hoax

Johan Wahyudi, salah satu pegiat media mengaku prihatin banyaknya informasi hoax terutama dari media sosial. Menurut dia, penyebaran informasi hoax di mesia sosial mulai masif sejak pilpres 2014 lalu, masyarakat terpecah dua dalam dukungan. Saling menjatuhkan lawan yang tidak sepaham dengan memprovokasi masyarakat itu diakuinya terbawa sampai saat ini.

Bahkan, kata dia, penyebaran informasi hoax sangat mudah dengan adanya teknologi telepon selular.

“Jika itu terus dibiarkan maka akan memecah belah bangsa,” kata Johan, saat sosialisasi sekaligus deklarasi Masyarakat Antihoax di Kawasan Malioboro, Minggu (22/1/2017). Aksi tersebut diawali dengan longmarch dari depan kantor Dinas Pariwisata DIY sampai Titik Nol Kilometer Jogja.

Ia mengajak masyarakat untuk menyaring terlebih dahulu informasi yang diperoleh sebelum disebarkan kepada orang lain, “Saring sebelum sharing,” katanya.

Aksi simpatik memerangi informasi hoak itu , dihadiri dari unsur kepolisian dan pegawai negeri sipil. Bahkan Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat, Komisaris Polisi Sri Sumarsih ikut orasi dan menyatakan memerangi penyebaran informasi hoax. Selain itu sejumlah masyarakat yang ada di sekitar Titik Nol Kilometer Jogja juga turut memberikan dukungannya melalui tanda tangan diatas spanduk berukuran sekitar 2×3 itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya