SOLOPOS.COM - Kali Code. (Ilustrasi)

Solopos.com, JOGJA — Seluruh sungai dan dua embung di Kota Jogja memiliki kualitas air yang buruk dan tercemar. Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat menyebut indikator kimi dan mikrobiologi di sungai dan embung tersebut nilai cemarannya di atas rata-rata.

Indikator cemaran yang melewati batas standar meliputi biokimia (BOD), Nitrit (NO2), Nitrat (NO3), Seng (Zn), Klorin Total (CI2), Fostat (P), Sulfida, Fenol, dan indikator mikrobiologi yakni Total Coliform dan Fevel Coliform.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kepala UPT Laboratorium Lingkungan, Sutomo, menjelaskan kebanyakan cemaran sungai disebabkan oleh sampah yang terbawa ke sungai di Jogja. Sungai-sungai di Kota Jogja yang tercemar tersebut adalah Sungai Code, Gajah Wong, Winongo, dan Sungai Manunggal. Sedangkan embung yang tercemar adalah Embung Langensari dan Embung Giwangan.

“Masih banyak juga warga yang tinggal di bantaran sungai dimana sampahnya terbawa ke aliran sungai,” katanya, Sabtu (29/4/2023).

Kadar bakteri E Coli di sungai yang berada di Jogja, jelas Sutomo, juga tinggi di atas baku mutu.

“Selain karena cemaran sampah, dari hulunya sungai yang berada di Sleman ternyata juga sudah tercemar,” jelasnya.

Soal dua embung yang juga dalam kondisi tercemar, menurut Sutomo, karena air sumbernya berasal dari sungai di Jogja. Selain itu juga ada saluran IPAL yang berada di pinggiran sungai yang kurang maksimal, sehingga limbah air dari warga masuk ke sungai.

Usaha untuk menurunkan angka pencemaran di sungai yang berada di Jogja, lanjut Sutomo, dilakukan DLH Jogja dengan memaksimalkan saluran IPAL.

“Sehingga lebih aman, tidak mencemari sungai, tidak mencemari air tanah, dan tidak mencemari sumur. Tapi sampai sekarang memang belum semua bisa tersambung ke saluran IPAL terpusat itu,” katanya.

Saluran IPAL tepusat Kota Jogja, sambung Sutomo, berada di Sewon, Bantul. Harapannya ke depan seluruh saluran IPAL terpusat agar air limbah dapat diolah dengan baik dan tidak mencemari lingkungan.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Ini Daftar Sungai dan Embung yang Tercemar Bakteri E-Coli di Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya