SOLOPOS.COM - Bregada Serang Boyo dari Desa Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo menjadi kontingen pertama yang menghibur tamu undangan dan penonton Festival Bedah Menoreh 2016, Minggu (16/10/2016). (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Desa Budaya di DIY akan diluncurkan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dusun Taruban, Tuksono, Sentolo akan menjadi lokasi penyelenggaraan launching 56 desa budaya di DIY. Acara tersebut sedianya akan dilakukan pada 5 April mendatang.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kepala Dinas Kebudayaan, Untung Waluyo menerangkan jika 56 desa budaya tersebut ditetapkan sebagaimana SK Gubernur DIY. “Dari semuanya ada 15 yang ada di Kulonprogo,” terangnya pada Rabu (22/3/2017).

Acara tersebut akan dilakukan di kawasan sumur tua desa setempat yang bernama Sendang Kamulyan.

Lokasi ini idpilih karena memiliki ragam nilai budaya yang cukup menonjol dan kerap digunakan untuk acara serupa oleh masyarakat setempat. Nantinya akan ditampilkan kesenian dan pameran dari desa budaya tersebut. Sebagai penutup, akan digelar pertunjukkan wayang kulit.

Untung mengatakan acara ini sebagai sosialisasi keberadaan desa budaya kepada masyarakat. Pasalnya, masyarakat selama ini masih minim pemahaman mengenai keberadaan desa tersebut. Desa budaya sendiri diharapkan dapat berkembang menjadi desa mandiri budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya