SOLOPOS.COM - Foto aksi solidaritas wartawan DIY untuk kasus kematian wartawan Harian Bernas Fuad Muhamad Syafruddin alias Udin. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Foto aksi solidaritas wartawan DIY untuk kasus kematian wartawan Harian Bernas Fuad Muhamad Syafruddin alias Udin. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA- Dewan Pers mendesak Kepolisian RI segera menuntaskan kasus kematian wartawan Harian Bernas Fuad Muhamad Syafruddin alias Udin.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Anggota Dewan Pers Nezar Patria mengatakan, penuntasan kasus Udin akan menjadi agenda rapat pleno Dewan Pers dalam waktu dekat ini. Dewan Pers kata dia segera mendesak Polri bergerak cepat menuntaskan kasus Udin.

Hal itu disampaikan Nezar usai menerima surat dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jogja mengenai desakan kepada Dewan Pers agar lembaga itu mendesak kepolisian menuntaskan kasus Udin.

Surat itu diserahkan Selasa (20/8/2013) di sela-sela Diskusi 17 Tahun Kematian Udin di Kampus UII Cik Ditiro Jogja.

Menurut Nezar, ada novum atau bukti baru yang dapat menjadi pintu masuk polisi mengungkap kasus Udin. “Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo kala itu pernah menyampaikan disposisi kepada camat dan Humas Pemkab Bantul terkait pemberitaan yang dibuat Udin, disposisi itu ada di Mahkamah Militer,” kata Nezar.

Berita Udin yang getol mengkritisi kasus kosupsi di masa pemerintahan Bupati Bantul Sri Roso Sudarmo diyakini kuat menjadi pemicu dibunuhnya Udin 1996 silam.

Kepala Bagian Pembinaan Operasional Polda DIY AKBP Bejo mengatakan, pihaknya kini tengah mendalami putusan Mahkamah Militer terhadap Sri Roso Sudarmo. Putusan itu kini sudah berada di tangan polisi. “Kami masih lihat apakah ada kaitan putusan itu dengan pemberitaan Udin,” kata Bejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya