SOLOPOS.COM - Polisi menyegel gudang penyimpanan beras premium yang diduga palsu berbagai merk di gudang beras PT Indo Beras Unggul, Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Kamis (20/7/2017) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Risky Andrianto)

Beras premium Merk Maknyuss dan Cap Ayam Jago yang praktik dagangnya disebut merugikan negara kini lenyap di pasaran.

 

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Harianjogja.com, BANTUL– Beras premium Merk Maknyuss dan Cap Ayam Jago yang praktik dagangnya disebut merugikan negara kini lenyap di pasaran. Lenyapnya beras tersebut seiring mencuatnya kabar penggerebekan pabrik dan gudang beras Maknyuss dan Cap Ayam Jago, di Bekasi, Jawa Barat belum lama ini.

Kepala Dinas Perdagangan Bantul Subiyanta Hadi mengatakan, pemerintah telah mengecek peredaran beras tersebut di pasar-pasar tradisional dan toko modern menyusul kabar penggerebekan di Bekasi.

Pengecekan antara lain dilakukan di Pasar Bantul, Imogiri dan Niten. Selain itu sekitar enam toko modern juga dijadikan sampel pemantauan. Hasilnya kata dia, seluruh beras dengan dua merk tersebut sudah lenyap di pasaran. “Pengecekkan dilakukan Sabtu (22/7/2017) hingga Senin (24/7/2017) kemarin,” kata Subiyanta Hadi, Selasa (25/7/2017).

Lenyapnya beras yang kontroversi itu menurut Subiyanto karena distributor beras bergerak cepat menarik barang tersebut dari peredaran. “Kami tidak tahu apakah penarikan beras itu karena inisiatif distributor atau penjual yang memintanya ditarik. Yang jelas sudah tidak beredar di pasaran Bantul,” papar dia.

Ia memastikan, pemerintah hanya sebatas memantau peredaraan beras dan mengambil sampel apabila ditemukan barang yang dimaksud. Pemerintah tidak berwenang melakukan penyitaan kecuali aparat hukum.

Sejauh ini, belum ada informasi dari Kepolisian Bantul apakah akan melakukan penyisiran dan penyitaan beras tersebut di pasaran bersama lembaganya.

“Seperti biasanya kami bertugas memantau dan melaporkan kalau ada peredarannya tapi tidak sampai menyita karena itu bukan kewenangan kami,” imbuh dia.

Paantauan media ini Selasa di sejumlah toko kelontong dan mini market di Bantul juga tidak ditemukan beras dengan dua merk tersebut. Salah satu pedagang menyatakan, tidak lagi menjual beras merk Makyuss dan Cap Ayam Jago.

“Kami sudah lama enggak jual beras itu, stoknya sudah tidak ada,” papar pedagang tersebut sambil menunjukkan rak dagangan yang tidak terdapat beras Merk Maknyuss dan Cap Ayam Jago.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya