SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani. (Antaranews.com)

Solopos.com, BANTUL — Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berencana akan mendeklarasikan bakal calon presiden yang akan diusung untuk Pilpres 2024 mendatang pada awal tahun 2023. Ada beberapa nama yang bakal diusung PPP dalam Pilpres nanti.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, Arsul Sani, mengatakan ada dua nama yang disebut layak untuk dijadikan bakal calon presiden Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Bahkan, ia menyebut hampir separuh DPW PPP menyebut Ganjar Pranowo layak dicalonkan jadi Presiden pada Pemilu 2024.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Arsul menyampaikan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PPP, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar, sampai saat ini masih tetap solid. Bahkan, KIB mempunyai program akselerasi ekonomi supaya capres yang diusung nanti ada kesinambungan dengan pemerintahan Jokowi.

Dia menyampaikan saat ini KIB mulai membicarakan sosok seperti apa yang akan diusung bersama. Seberapa besar elektabilitasnya.

Setelah itu KIB bicara bagimana cara memenangkannya. Meski ketiga partai dalam KIB menjalin kesepakatan bersama, namun tiap partai juga menyodorkan nama yang akan diusung mencadi capres cawapres. Golkar misalnya, dalam keputusan Musyawarah Nasional (Munas) mengusung ketua umum Airlangga Hartanto.

Baca Juga: Naik Private Jet dari Yogyakarta ke Solo, Raffi Ahmad Jadi Sorotan Warganet

PPP dan PAN, kata Arsul, menghormati atas keputusan Golkar tersebut. “Kami PPP dan PAN juga boleh usul dong [nama capres dan cawapres yang akan diusung KIB],” kata dia saat ditemui di Kampung Mataraman, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Sabtu (10/12/2022).

Namun, siapa yang akan diusulkan masih dalam proses meski sebagian kader PAN maupun PPP sudah menyebut nama sosok capres maupun cawapres. Nama-nama yang disebut itu juga tidak jauh dari nama yang mencuat melalui hasil survei sejumlah lembaga.

“PAN misalnya Mas Ganjar [Ganjar Pranowo] mulai disebut. Di PPP sudah hampir separuh DPW [Dewan Pimpinan Wilayah di tingkat provinsi] juga menyebut mas Ganjar. Tapi ada juga yang menyebut Mas Anies [Anies Baswedan],”  katanya.

Nama-nama yang disebut tersebut akan diperdebatkan dan dimusyawarahkan dalam Munas pada awal tahun depan. Yang pasti, Arsul menyebut bakal capres dan cawapres nanti bisa melanjutkan program Jokowi.

Baca Juga: Hadiri Nikahan Kaesang, Eks Menteri Susi Doakan Presiden Segera Dapat Cucu Lagi

“[Untuk capres yang akan kami usung] nanti semua akan kami perdebatkan, kami musyawarahkan dalam forum Musyawarah Kerja Nasional. Kapan? Saya kira paling cepat bulan Februari,” kata Arsul.

Namun demikian, Arsul mengatakan bahwa bakal capres yang diusung nanti sesuai dengan kesepakatan KIB adalah yang bisa meneruskan program-program Presiden Joko Widodo (Jokowi)  setelah lengser nanti.

“Yang bisa meneruskan pak Jokowi tidak hanya satu orang loh,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pemilu 2024: Hampir Separuh DPW PPP Diklaim Pilih Ganjar Pranowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya