SOLOPOS.COM - Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (ugm.ac.id)

Solopos.com, SLEMAN — Dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang tengah menjalani kuliah kerja nyata (KKN) dipulangkan karena diduga melakukan tindak asusila di lokasi KKN. Dua mahasiswa itu dipergoki oleh warga saat sedang melakukan tindak asusila.

Mahasiswa UGM itu diduga melakukan tindakan yang tidak senonoh di lokasi KKN. Dugaan tindakan mesum sepasang mahasiswa di lokasi KKN itu terjadi di rumah seorang lurah. Dalam narasi yang beredar di media sosial menyebutkan sepasang mahasiswa itu dipergoki oleh si pemilik rumah.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Namun, hingga kini belum diketahui di mana lokasi KKN yang dimaksud, waktu kejadian serta bagaimana kronologi lengkapnya.

Humas UGM, Dina W. Kariodimedjo, mengatakan kasus tersebut saat ini sedang dalam penanganan Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (DPKM) UGM.

“DPKM UGM sebagai pengelola KKN UGM bergerak cepat, menanggapi peristiwa adanya dugaan kejadian khusus di lokasi KKN,” ujarnya, Senin (3/7/2023).

Meski demikian, dia belum memberi keterangan detail tentang kasus tersebut dan konsekuensinya untuk mahasiswa yang terlibat.

“Saat ini sedang berlangsung proses penanganan DPKM. Diharapkan semua pihak dapat menyikapinya dengan bijaksana,” katanya.

Sementara itu, Ketua BEM KM UGM, Gielbran Muhammad Noor mengaku belum mengetahui secara spesifik kasus tersebut lantaran memang sudah ditangani oleh DPKM UGM.

Meski BEM KM UGM memiliki Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS), kata dia, tetapi dalam kasus ini, satgas tersebut tidak berwenang menangani.

Menurutnya, kasus tersebut masuk dalam ranah etis. Pasalnya, dari info yang ia dapatkan, tidak ada unsur kekerasan seksual dalam kasus tersebut.

Itulah sebabnya, kewenangan penanganan sepenuhnya ada di kampus. “Itu mungkin lebih ke ranah etik, kewenangan universitas,” ungkapnya.

Kasus ini mencuat setelah sebuah akun di Twitter membagikan tangkapan layar percakapan Whatsapp yang menceritakan adanya mahasiswa yang dipulangkan dari lokasi KKN karena berbuat asusila. Unggahan tersebut dibagikan ulang oleh akun @Txtdariugm sehingga semakin disoroti.

Dalam unggahan itu, terungkap dua sejoli dipulangkan lantaran diduga berbuat tidak senonoh, dalam hal ini, mereka berciuman di rumah Lurah setempat.

Selain itu, melalui cuitannya, akun @vinecradvle juga membahas hal yang sama. Bahkan dalam obrolan via cuitan di akun tersebut, sejumlah akun menyebut salah satu kabupaten berinisial P sebagai lokasi KKN mahasiswa tersebut.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Diduga Kepergok Berbuat Tak Senonoh, Mahasiswa KKN UGM Dipulangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya