SOLOPOS.COM - Dua dari tiga penyu lekang yang ditemukan sudah mati, Selasa (15/11/2022). - Istimewa

Solopos.com, KULONPROGO — Tiga ekor penyu jenis lekang ditemukan mati dengan kondisi mmebusuk di Pantai Jangkang, Kalurahan Garongan, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Dua dari tiga ekor penyu itu berjenis kelamin jantan dan satu ekor lainnya betina. Untuk penyu betina berukuran 88 centimeter dan berat 20 kilogram. Sedangkan dua ekor penyu jantan memiliki panjang 98 centimeter dan berat 25 kilogram serta panjang 88 centimeter dengan berat 35 kilogram.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Koordinator Satlimas Wilayah V Kulonprogo, Aris Widyatmoko, mengatakan temuan tiga ekor penyu mati tersebut dilaporkan oleh warga pada Senin (14/11/20220). Namun, karena kondisi hujan deras pihaknya belum bisa mengecek dan baru bisa mengecek laporan tersebut pada Selasa (15/11/2022) pagi.

“Jadi baru tadi pagi sama rekan-rekan dari Angkatan Laut dan Polairud kami  cek lokasinya,” kata Aris, Selasa.

Dia menuturkan saat ditemukan, kondisi penyu sudah dalam kondisi membusuk. Sedangkan jarak ketiga penyu yang ditemukan mati tersebut berdekatan sekitar 10 sampai 15 meter. Pihaknya belum mengetahui terkait penyebab kematian ketiga ekor penyu jenis lekang itu.

Baca Juga: Masih Duka, Tersangka Ajak Damai Keluarga Korban Atap SD Roboh di Gunungkidul

Dia menyebut Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY sudah melakukan pemeriksaan terhadap bangkai penyu tersebut siang tadi. Namun, kepastian kematiannya juga belum bisa diketahui.

“Kalau dugaannya tadi itu dari BKSDA karena faktor usia. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga karena penyu ini makan plastik, tetapi ini masih dugaan ya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Aris mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas dari BKSDA DIY, ketiga ekor penyu itu langsung dikuburkan di sekitar lokasi penemuan awal.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tiga Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Jangkang, Gegara Sampah Plastik?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya