SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul menegaskan izin penambangan di Wonolelo telah sesuai dengan rekomendasi dari dinas terkait.

Kepala Seksi Pengairan Dinas Sumber Daya Air Bantul, Wiyana mengatakan, pihaknya berani memberikan izin penambangan karena persyaratan yang diajukan pemrakarsa telah sesuai dan dinas-dinas terkait juga telah memberikan rekomendasi.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Jika dinas terkait seperti BLH, Dinas Pekerjaan Umum dan BPBD belum memberikan rekomendasi, tentunya kami tidak berani keluarkan izin,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (30/5).

Wiyana mengatakan, pemrakarsa telah memenuhi tahap-tahap dan persyaratan yang ditentukan dengan melampirkan kesesuaian aspek tata ruang dari Dinas Pekerjaan Umum, sosialisasi ke warga dengan melampirkan bukti tanda tangan di dokumen, melampirkan pemetaan kontur dan rencana teknis penambangan serta telah menyusun dokumen lingkungan yang disetujui BLH.

Ia menambahkan jika persyaratan tersebut sudah dipenuhi, tidak ada alasan bagi pihaknya untuk tidak memberikan izin penambangan bagi pemrakarsa.

Menanggapi polemik yang masih terjadi di warga terkait penambangan bukit Wonolelo ini, Wiyana mengaku dalam perjalanan proyek penambangan memang tidak selalu mulus sesuai perencanaan.

Namun, pihaknya telah melakukan peninjauan dan pengawasan rutin terhadap aktivitas penambangan setiap dua kali dalam seminggu. Pengawasan dilakukan dengan pencocokan teknis pengerjaan di lapangan dengan yang tercantum dalam dokumen.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya