SOLOPOS.COM - Salah satu jenis tomcat (cukupdi.blogspot.com)

Salah satu jenis tomcat (cukupdi.blogspot.com)

JOGJA—Meski belum ada laporan penyakit akibat serangga Tomcat, Dinas Kesehatan Kota Jogja sudah mengantisipasi melalui pelayanan di Puskesmas. Saat ini, wabah Tomcat banyak menyerang warga Surabaya, Jawa Timur.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Belum ada laporan warga. Tapi kami siap mengantisipasi penanganan lewat Puskesmas terdekat,” kata Kepala Dinkes Jogja, Tuty Setyowati di kompleks Balaikota, Selasa (20/3).

Tuty mengatakan, serangga Tomcat merupakan jenis kumbang sejenis kepik yang bisa menyengat dan mengeluarkan racun serta menyebabkan gatal, terlebih jika digaruk. Luka akibat sengatak akan membuat kulit melepuh. Serangga jenis itu banyak ditemukan di kebun tebu.

“Antisipasinya dengan antibiotik saja. Puskesmas di Jogja sudah bisa menangani,” lanjutnya.

Selain kesiapan Puskesmas, Tuty mengimbau warga untuk waspada di tengah perubahan iklim yang berpengaruh pada munculnya banyak jenis serangga. Selain itu, ia berharap warga secara sadar menjaga kebersihan lingkungan. “Intinya masyarakat menjaga kebersihan, karena Tomcat suka yang kotor-kotor,” ujarnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya