SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN: Sebanyak 1,8 ton benih lele dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY ditebar di 30 kolam shelter Dongkelsari, Wukirsari, Cangkringan, Senin (9/5).

Benih lele tersebut merupakan upaya pemerintah untuk membangkitkan perekonomian warga korban erupsi Merapi. Selain itu juga untuk meningkatkan gizi keluarga melalui protein ikan.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Kasi Budidaya Dislautkan Provinsi DIY, Sunardi mengatakan, jumlah 1,8 ton tersebut terdiri dari sekitar 72.000 lele. “Tujuannya pembudidayaan lele mampu membangkitkan perekonomian keluarga dan meningkatkan gizi keluarga,” katanya.

Diharapkan warga korban erupsi bisa mengembangkan aktivitas budidaya ikan lele dengan  hasil panen yang berkualitas. Caranya dengan melakukan pemantauan dan monitoring setiap perkembangan ikan lele agar  tidak terjangkit bakteri.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah pemahaman kepada masyarakat shelter agar menghindari pembangunan jamban di kolam budidaya. (Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Foto Ilustrasi



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Jelang Musim Haji 2024, Garuda Indonesia Optimalkan Kesiapan Operasional

Jelang Musim Haji 2024, Garuda Indonesia Optimalkan Kesiapan Operasional
author
Mariyana Ricky P.D Rabu, 8 Mei 2024 - 20:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (kemeja abu) saat mengecek kesiapan haji. (Istimewa/Garuda Indonesia)

Solopos.com, SOLO — Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia secara berkesinambungan terus memaksimalkan kesiapan operasional jelang pelaksanaan penerbangan haji yang akan dimulai pada Minggu (12/5/2024) mendatang.

Kesiapan tersebut salah satunya dioptimalkan pada sejumlah aspek di antaranya yaitu aspek layanan, operasional, hingga tata kelola safety, untuk memastikan kesiapan layanan penerbangan bagi calon jamaah haji dapat berjalan lancar.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Operasional penerbangan haji tahun ini merupakan salah satu momen penting Garuda Indonesia Group, atas kepercayaan yang kembali diberikan oleh Pemerintah —melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI— kepada Garuda sebagai maskapai penyelenggara pengangkutan udara jemaah haji Indonesia tahun ini.

Di 2024 merupakan tahun ke-69 sejak Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan haji untuk kali pertama pada 1955.

Koran Solopos

“Dipercaya untuk mengantarkan calon jemaah Haji asal Indonesia untuk menunaikan ibadah Haji ke Tanah Suci lebih dari enam dekade, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sekaligus tanggung jawab bagi kami untuk memastikan kualitas layanan, operasional, dan aspek safety bagi seluruh masyarakat yang akan berangkat ke tanah suci terpenuhi dengan baik,” ucap Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan tertulis.

Irfan menjelaskan, salah satu langkah persiapan tersebut adalah dengan melaksanakan Aircraft Health Program, yaitu penyehatan pesawat melalui beragam prosedur perawatan secara menyeluruh dan berlapis pada armada yang akan melayani penerbangan haji.

Program ini sendiri telah berlangsung secara intensif sejak Maret lalu yang dibarengi dengan persiapan secara umum  sejak awal 2024 lalu.

Emagazine Solopos

Lebih lanjut, Garuda Indonesia melalui GMF AeroAsia juga telah melaksanakan berbagai persiapan teknis lainnya, seperti Material/Spare Readiness, Station and Manpower Readiness, serta GACA (General Authority of Civil Aviation) Certification yang merupakan proses mandatory untuk mendaftarkan pesawat-pesawat penerbangan haji ke Otoritas Kerajaan Arab Saudi.

Selain itu, dalam aspek pelayanan penumpang, Garuda Indonesia juga menyiapkan sajian makanan dalam inflight service berupa hot meals sedikitnya sebanyak 2 kali dan snack sebanyak 1 kali.

Adapun Garuda Indonesia memberikan improvisasi dengan sajian hidangan khas dari masing-masing daerah embarkasi.

Interaktif Solopos

Irfan menambahkan berkaca pada pelaksanaan penerbangan Haji tahun sebelumnya yakni lebih dari 20% dari total seluruh jemaah yang diantar oleh Garuda merupakan kategori lanjut usia (lansia).

Sehingga pada tahun ini, Garuda Indonesia juga fokus pada pemenuhan kebutuhan pendukung pelayanan lansia dalam perjalanan udara maupun darat untuk dari dan menuju asrama.

Upaya tersebut ditunjangan dengan perlengkapan penunjang kenyamanan pada saat melaksanakan penerbangan seperti penyediaan selimut dan emergency equipment, optimalisasi boarding management hingga penyiapan 30 kursi roda di setiap embarkasi.



Selain itu, pada musim Haji 2024 ini Garuda Indonesia menambah jumlah petugas darat hingga 10% dari jumlah petugas pada tahun sebelumnya untuk para calon jemaah melaksanakan perjalanan ibadah hajinya.”

Lebih lanjut, sambungnya, kesiapan operasional haji kali ini juga ditunjang melalui armada tambahan untuk memastikan layanan operasional khususnya terkait dengan ketepatan waktu penerbangan dapat terjaga secara maksimal.

“Kami memahami bahwa lebih dari 66% calon jemaah haji yang kami layani di tahun ini memiliki latar belakang pendidikan yang beragam serta tidak sedikit dari mereka yang belum pernah menggunakan moda transportasi udara sebelumnya. Kondisi tersebut menjadi tantangan tersendiri yang mendorong kami, bersama seluruh stakeholders terkait, untuk terus berkoordinasi secara intensif guna memastikan hadirnya layanan yang aman dan nyaman bagi seluruh jemaah dengan berbagai latar belakang,” imbuhnya.

Pada musim Haji 1445H/ 2024 ini, Garuda Indonesia akan mengangkut 109,072 calon jemaah yang akan terbagi ke dalam 292 kelompok terbang (kloter) dan diberangkatkan dari 9 (sembilan) embarkasi, yaitu Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Para calon jemaah haji ini nantinya akan diberangkatkan secara bertahap menuju Tanah Suci mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024, dengan keberangkatan menuju Madinah pada 12 – 23 Mei 2024 dan keberangkatan menuju Jeddah pada 24 Mei – 10 Juni 2024.

Selanjutnya, fase pemulangan jemaah akan dimulai pada tanggal 22 Juni sampai dengan 21 Juli 2024.

Adapun pada hari pertama (12/5/2024), fase 1 keberangkatan Haji tahun 2024 direncanakan  akan diberangkatkan dari 7 embarkasi, yaitu Jakarta, Solo, Medan, Banjarmasin, Lombok, Makassar, dan Padang; di mana kloter asal Jakarta akan menandai penerbangan perdana operasional haji Garuda Indonesia di tahun ini.

Untuk mengoptimalkan seluruh rangkaian pelaksanaan penerbangan haji tersebut, Garuda Indonesia mengoperasikan 14 pesawat berbadan lebar termasuk armada B777-300ER dan A330 yang dimiliki oleh Garuda Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Duel Maut di Prambanan Klaten, Polisi Buru Terduga Pelaku

Duel Maut di Prambanan Klaten, Polisi Buru Terduga Pelaku
author
Astrid Prihatini WD Rabu, 8 Mei 2024 - 20:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Garis polisi masih terpasang di lokasi kejadian duel maut di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Rabu (8/5/2024). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN–Tim Satreskrim Polres Klaten terus memburu terduga pelaku pembunuhan dua laki-laki di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Selasa (7/5/2024) malam. Selain itu, polisi masih memeriksa sejumlah saksi.

“Kami masih menunggu hasil autopsi. Kami juga mencari terduga pelaku. kami periksa beberapa saksi serta memeriksa pemilik indekos dari terduga [indekos tempat terduga tinggal],” kata Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Yulianus Dica, Rabu (8/5/2024).

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Kapolres Klaten, AKBP Warsono, juga menjelaskan kasus tersebut masih didalami. Sejumlah saksi dimintai keterangan mulai dari pemilik indekos, istri korban, serta saksi di sekitar lokasi kejadian. “Kami juga masih mendalami motifnya apa. Karena mereka [antara korban dengan terduga pelaku] cukup dekat. Istri korban menitipkan anaknya kepada istri terduga pelaku,” ungkap Kapolres.

Berdasarkan pantauan, gang masuk jalan kampung tempat kejadian perkara masih dipasangi garis polisi. Bercak darah mengering terlihat di lokasi kejadian.

Koran Solopos

Di jalan masuk kampung itu, ada satu indekos yang menjadi tempat tinggal terduga pelaku. Sejak kasus itu, terduga pelaku berinisial B menghilang. Sementara, kedua korban masing-masing berinisial W dan S indekos di lokasi lain.

Beberapa warga mengungkapkan kedua korban meninggal sehari-hari bekerja sebagai pengamen di wilayah Prambanan. Sementara, terduga pelaku sehari-hari bekerja juga seorang pengamen dengan menjadi manusia silver.

Sejumlah warga mengungkapkan saat kejadian terdengar suara berisik dari ruas jalan kampung yang berdekatan dengan pintu perlintasan KA utara Stasiun Brambanan. “Saya di dalam rumah terdengar suara berisik. Kemudian ada suara uwis-uwis. Saat saya lihat dua orang itu sudah terkapar,” jelas salah satu warga, Ahmad.

Emagazine Solopos

Dia mengatakan saat kejadian di sekitar lokasi masih ada sejumlah pedagang. Sebagai informasi, lokasi kejadian dekat dengan lokasi yang kerap dijadikan tempat menonton kereta api.

Sementara itu, beberapa warga mengenal terduga pelaku berinisial B orangnya baik. Sementara, korban sering datang ke sekitar lokasi dan bikin ribut.

Diberitakan sebelumnya, kabar duel maut di wilayah Desa Kebondalem Kidul beredar di media sosial, Selasa malam. Dikonfirmasi terkait kejadian tersebut, Kapolsek Prambanan, AKP Jaenudin membenarkan peristiwa itu. Polisi masih mengumpulkan keterangan terkait kejelasan peristiwa tersebut. “Ini kami masih melakukan lidik dan pengumpulan baham keterangan di lokasi kejadian,” kata Jaenudin saat dikonfirmasi Solopos.com, Selasa malam.

Interaktif Solopos

Dia juga membenarkan dari kejadian itu ada dua orang meninggal dunia. “Satu orang meninggal di lokasi dan satu orang meninggal di rumah sakit,” kata Jaenudin.

Kepala Desa (Kades) Kebondalem Kidul, Tri Wahyu Wibowo, juga membenarkan kejadian itu. Hanya, kronologi kejadian belum jelas dan saat ini masih ditangani polisi.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Namanya Dicoret dari DCT, Caleg Terpidana Kasus Pemilu Gugat KPU Purworejo

Namanya Dicoret dari DCT, Caleg Terpidana Kasus Pemilu Gugat KPU Purworejo
author
Newswire , 
Abdul Jalil Rabu, 8 Mei 2024 - 20:05 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Bantul. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo digugat oleh calon anggota legislatif yang menjadi terpidana kasus tindak pidana pemilu, Muhammad Abdullah, di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang. Muhammad Abdullah tidak teirma namanya dicoret dari daftar caleg tetap peserta Pemilu 2024.

Juru bicara Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang, Elwis Pardamaian Sitio, membenarkan gugatan yang dilayangkan caleg DPRD Kabupaten Purworejo dari Partai NasDem tersebut.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

“Gugatannya sudah masuk dan mulai disidangkan,” katanya, Rabu (8/5/2024).

Menurut dia, penggugat meminta PTUN untuk membatalkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Purworejo Nomor 1530 Tahun 2024 tentang Perubahan DCT Anggota DPRD Kabupaten Purworejo dalam Pemilu 2024.

Koran Solopos

“SK KPU tertanggal 16 Februari 2024 tersebut mencoret nama penggugat dari DPT,” kata dia yang dikutip dari Antara.

Dia mengatakan persidangan perkara itu dilakukan melalui mekanisme e-court, kecuali saat pemeriksaan saksi.

Sebelumnya, Pengadilan Tinggi Jawa Tengah menjatuhkan hukuman percobaan kepada caleg DPRD Kabupaten Purworejo Muhammad Abdullah dalam kasus tindak pidana pemilu

Emagazine Solopos

Dalam putusan banding, Pengadilan Tinggi menjatuhkan putusan enam bulan penjara dengan ketentuan pidana tersebut tidak perlu dijalani kecuali dalam masa satu tahun percobaan terdakwa melakukan lagi tindak pidana yang bisa dipidana.

Putusan pidana tersebut lebih berat dari vonis Pengadilan Negeri Purworejo yang menjatuhkan hukuman tiga bulan penjara. Abdullah terbukti melanggar Pasal 493 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Politikus Partai NasDem itu terbukti telah melakukan kampanye dengan melibatkan anak di bawah umur dan rekaman videonya disebarkan melalui media sosial.

Interaktif Solopos

Berdasarkan putusan tersebut, Muhammad Abdullah dicoret dari DCT berdasarkan SK KPU Kabupaten Purworejo setelah pemungutan suara pemilu pada 14 Februari 2024.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories