SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi pelajar. (Solopos/Rudi Hartono) (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah pusat dikabarkan akan memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada 24 Desember 2021. Terkait kabar tersebut, Pemerintah Provinsi DIY secara teknis sudah siap melakukannya. Namun, sejauh ini belum ada petunjuk teknis dari pusat terkait vaksinasi untuk akan usia 6-11 tahun.

“Kami belum terima surat dari Kemenkes terkait hal itu. Tapi hari ini Bu Kepala Dinas Kesehatan DIY sedang berada di Jakata, dan akan menanyakan kapan kita bisa melakukan vaksinasi anak. Baru konsultasi ke sana,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Jumat (10/12/2021).

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Hal sama juga diungkapkan oleh Ketua Tim Percepatan Vaksinasi DIY, Sumadi. Ia mengakui ada janji dari Kementerian Kesehatan bahwa vaksinasi untuk anak 6-11 tahun akan dilakukan di awal Januari. “Tapi untuk perkembangannya, kami belum dapat arahan,” katanya.

Baca Juga: Perburuan Ayam Hutan Liar Meningkat, Jadi Perhatian Polres Kulonprogo

Jika nantinya ada instruksi vaksinasi anak dimulai 24 Desember 2021, Sumadi menyatakan akan melihat kondisi yang ada. Kondisi tersebut mencakup ketersediaan vaksin Sinovac yang akan disuntikkan kepada anak 6-11 tahun.

“Kita masih punya Sinovac tapi peruntukannya untuk dosis kedua, dan sisa. Itu juga tidak banyak. Untuk SDM dan data anaknya sudah siap,” ungkapnya.

Menurut Sumadi, berdasarkan rencana awal, vaksinasi anak nantinya melibatkan peran guru. Vaksinasi anak 6-11 tahun akan digelar di masing-masing sekolah dengan bantuan vaksinator dari puskesmas. “Dan, kami sudah siap untuk itu,” jelasnya.

Baca Juga: Jengkel Diputus, Pria Kulonprogo Sebar Foto Porno Mantan Pacar

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya, mengatakan saat ini vaksinasi untuk pelajar 12 tahun ke atas sudah mencapai lebih dari 90%.

“Sedangkan untuk anak 6-11 tahun, saat ini di DIY ada sekitar 266.000 anak. Jika dilakukan vaksinasi di sekolah, kami melihat sekolah-sekolah telah siap untuk itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya