SOLOPOS.COM - Lomba kaligrafi menjadi salah satu perlombaan yang digelar di Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) yang digelar di MAN 2 Wates pada Rabu (1/3/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

DIY jadi tuan rumah dua kegiatan nasional sekaligus

Harianjogja.com, JOGJA–DIY jadi tuan rumah dua kegiatan nasional sekaligus yang melibatkan madrasah. Kedua kegiatan itu masing-masing adalah Ajang Kreasi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) 2017.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY Lutfi Hamid menjelaskan, kedua kegiatan itu rencananya akan digelar mulai 7-12 Agustus mendatang. Dijadwalkan, kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan peserta dari madrasah di beberapa daerah Indonesia.

“Acara itu nantinya akan diikuti oleh sekitar 15.000 orang, meliputi seluruh Indonesia. Aksioma bukan hanya acara kompetisi dari Kemenag, tapi juga akan ajang promosi bagi DIY, khususnya sebagai kota pelajar dan destinasi wisata berbasis pendidikan,” katanya, Jumat (28/7/2017).

Khusus untuk Aksioma 2017, Lutfi menambahkan, pembukaan dijadwalkan akan dilakukan di Stadion Mandala Krida. Selain Gubernur DIY, Menteri Agama rencananya juga akan turut hadir dalam pembukaan tersebut.

Tak hanya itu, pembukaan juga akan dimeriahkan dengan penampilan Emha Ainun Nadjib dan Kiai Kanjeng. Sejumlah seniman juga turut hadir menampilkan persembahan tari kolosal di bawah arahan koreografer penari senior Didik Nini Thowok.

Adapun beberapa cabang yang akan dipertandingkan nantinya antara lain Cabang lomba ada MTQ, pidato Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, kaligrafi, tahfidz, tenis meja, bulutangkis, futsal, hadrah sampai madrasah singer. Tempat acara tersebar seperti di UIN Sunan Kalijaga maupun di GOR Among Rogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya