SOLOPOS.COM - Ilustrasi (IST)

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta akan menambah tiga kapal Inka Mina di atas 30 gross ton pada awal 2014 untuk meningkatkan produksi penangkapan ikan laut di daerah ini.

“Kami akan menambah tiga lagi [kapal di atas 30 gross ton] sehingga 2014 DIY akan memiliki tujuh kapal di atas 30 gross ton,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Suwarman Partosuwiryo, belum lama ini.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Menurut dia, penambahan kapal berkapasitas besar itu selain bertujuan meningkatkan pendapatan ikan tangkap pada 2014 dengan target mencapai 6.700 ton, pengadaan kapal itu juga bertujuan meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat.

“Kalau 2013 belum sampai 90 persen dari target 6.000 ton ikan tangkap. Kami harapkan 2014 bisa mencapai 100 persen dengan menambah kapasitas kapal nelayan,” katanya.

Selain terkait kapasitas kapal yang masih kurang, belum maksimalnya produksi penangkapan ikan pada 2013 juga disebabkan kondisi cuaca yang tidak mendukung.

“Kondisi akhir 2013 cuaca memang tidak mendukung sehingga perolehan belum bisa diharapkan,” katanya.

Menurut dia, pengadaan tiga kapal tersebut berasal dari dana Kementerian Perikanan Pusat yang ditaksir Rp1,5 miliar per unitnya.

“Sementara akan kami fokuskan untuk ditempatkan di Pelabuhan Sadeng di Kabupaten Gunungkidul,” katanya.

Ia mengatakan untuk mempersiapkan penerima bantuan kapal inkamina tersebut, DKP DIY akan memberikan pelatihan 90 nelayan di daerah ini. Pelatihan meliputi pelatihan ahli nautika kapal penangkap ikan (ankapin), navigasi, praktik magang dan pengelolaan pasca penangkapan ikan.

“Kami juga telah mempersiapkan 90 sumber daya manusia dari beberapa kelompok usaha bersama nelayan di DIY,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya