SOLOPOS.COM - Dosen FTI UII Ahmad Munasir Rafie Pratama. (Istimewa/Harianjogja.com).

Solopos.com, JOGJA—Dosen Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja, Ahmad Munasir Rafie Pratama, hilang saat perjalanan pulang dari Norwegia.

Hingga saat ini belum diketahui keberadaannya. Berbagai pihak berupaya menggali informasi terkait keberadaannya.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Rektor UII Profesor Fathul Wahid menjelaskan Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) belum diketahui keberadaannya setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN).

Dalam perjalanan itu Tim UII terdiri atas empat orang mengunjungi USN guna mempererat kerja sama kedua universitas.

“Setelah sepekan beraktivitas di USN, sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Saya berjumpa terakhir dengan AMRP di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023. Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. AMRP sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia melalui Istanbul, Turki,” kata Rektor UII Profesor Fathul Wahid dalam keterangan resminya, Sabtu (18/2/2023) dikutip dari Harianjogja.com.

Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, lanjut dia, rute perjalanan adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Ahmad Munasir tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya.

Perjalanan ke Riyadh dilakukan karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut. Sebelum ke Oslo. Ahmad Munasir memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Jeddah.

“AMRP mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi: menunggu boarding. Sejak saat itu, AMRP tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satupun yang direspons oleh AMRP,” imbuh Fathul Wahid.

Menurut informasi lisan Ahmad Munasir dan dikuatkan dengan pesan WhatApp kepada sang istri, lanjutnya, Ahmad Munasir mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 jam 18.00.

Adik Ahmad Munasir sempat menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. “Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama AMRP tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut,” ulas Fathul Wahid.

Dia menyebut UII telah berupaya menghubungi banyak pihak untuk membantu menemukan keberadaan dosen FTI tersebut. Di antaranya menyampaikan informasi ini kepada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Norwegia dan Turki, termasuk mengontak panitia konferensi di Jeddah yang memesankan tiket penerbangan.

“UII juga telah menghubungi Turkish Airline di Oslo untuk memastikan bahwa AMRP telah naik pesawat. Keluarga AMRP sudah melaporkan ke kepolisian secara resmi,” katanya.

Ahmad Munaih dilaporkan hilang sejak Minggu (12/2/2023) lalu.

Dikutip dari Harianjogja.com, Sabtu (18/2/2023), Ahmad Munasir dilaporkan berangkat ke Oslo, Norwegia untuk menjalani tugas dari kampus pada 4-11 Februari 2023. Dia dijadwalkan pulang pada 12 Februari menuju Istanbul, Turki. Namun, setelah itu dia tidak dapat dihubungi.

Dalam laporan orang hilang yang diumumkan Polda DIY, Ahmad tercatat sebagai warga Karangwaru Lor TR 002/RW 135 B, Jogja.

Di website Jurusan Informatika Fakultas Teknologi Industri UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama, tercatat sebagai asisten profesor.

Pada Desember 2022 lalu, Ahmad mewakili UII dalam rapat konsorsium sembilan kampus dari Eropa dan Asia di Slovakia. Rapat tersebut membahas riset yang dibiayai dana hibah dari Uni Eropa.

Polda DIY meminta siapa pun yang mengetahui keberadaan Ahmad menghubungi call center kepolisian 110 atau Whatspp ke nomor 081326910244.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya