SOLOPOS.COM - Puskesmas Pleret, Bantul, untuk sementara tak melayani persalinan lantaran ada dua bidan yang positif Covid-19. (istimewa)

Solopos.com, BANTUL -- Sejumlah bidan di Puskesmas Pleret, Kabupaten Bantul, terpapar Covid-19. Akibatnya, layanan persalinan di puskesmas tersebut ditutup sementara.

Kepala Puskesmas Pleret, Erni Rochmawati, menerangkan ada dua bidan yang terkonfirmasi positif Covid-19. Erni yang dihubungi pada Senin (28/6) menyebutkan pihaknya belum mengetahui asal sumber paparan. "Karena kalau sesama teman tidak ada. Itu dua [bidan] kasusnya tidak berhubungan," tuturnya.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

"Sesama bidan, tetapi satu bidan banyak yang ke vaksinasi. Dan dua orang itu dari pelacakan tidak ada kontak erat," tambahnya.

Penutupan layanan persalinan di Puskesmas Pleret sudah dilakukan sejak Minggu (27/6/2021). "Kami tutupnya yang persalinan saja. Yang untuk rawat jalan dan kegiatan vaksinasi tetap jalan," ujarnya.

Proses tracing segera dilakukan puskesmas terhadap kontak erat dari kedua bidan yang terpapar. "Ada enam orang bidan [kontak erat] kan kalau untuk membuka persalinan tidak memungkinkan. Enam orang kontak erat itu harus kami karantina," imbuhnya.

"Kemudian sesuai waktu kontak erat nanti kita cek usap. Nanti kalau hasilnya aman, baru bisa masuk. Daripada nanti kita tetap masukkan nanti hasilnya tetap positif," terangnya.

Erni menyebutkan kontak erat dari pasien tidak ada karena tim nakes selalu menggunakan APD lengkap. "Kontak itu adalah rekan-rekan yang jaga malam, jaga sore itu satu sif. Karena saat sif itu tidak ada pasien persalinan. Jadi insyallah untuk pasien, aman lah," tandasnya.

Baca Juga: Gempa di Gunungkidul Picu Aktivitas Vulkanik Merapi? Ini Kata BPPTG

Ditegaskan Erni, penutupan puskesmas bakal dilakukan sampai kontak erat dipastikan negatif. "Paling terakhir kontak nanti hari Jumat-Sabtu kami swab. Soalnya kalau kami buru-buru swab, waktu inkubasinya belum masuk nanti takutnya negatif palsu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya