SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi barang milik penumpang dari gerbong kereta api yang anjlok akibat kecelakaan di kawasan Kalimenur, Sukoreno, Kulonprogo, D.I Yogyakarta, Selasa (17/10/2023). Kecelakaan tersebut melibatkan dua kereta api yaitu KA Argowilis jurusan Gambir-Surabaya dari arah Jakarta dengan KA Argo Semeru jurusan Bandung-Gubeng (Surabaya) dari Yogyakarta. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa.

Solopos.com, KULONPROGO — Kereta Api Argo Semeru dan KA Argo Wilis mengalami anjlok di perlintasan kereta api KM 520 +4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates, Kalurahan Sukorejo, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 13.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi delapan orang mengalami luka-luka.

Data dari TRC BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta yang diunggah di akun Twitter @TRCBPBDDIY, untuk informasih sementara tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tragis tersebut. Namun ada delapan orang yang mengalami luka ringan. Selain itu, ada satu orang penumpang yang mengalami luka berat saat ini dibawa ke RSUD Wates.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Untuk evakuasi, saat ini seluruh penumpang dari dua kereta api tersebut dibawa ke stasiun terdekat. Proses evakuasi penumpang ini menggunakan bus, truk Tagana, dan Kereta Api Bandara sebanyak 4 gerbong dengan kapasitas 200 orang.

Bagi penumpang dengan tujuan Stasiun Gambir Jakarta akan dievakuasi ke Stasiun Wates. Sedangkan untuk penumpang dengan tujuan Surabaya dievakuasi ke Stasiun Tugu.

KA Argo Semeru tujuan Stasiun Gambir Jakarta mengalami kejadian anjlok di Stasiun Lama, Kalimenur, Kulonprogo, Selasa sekitar pukul 13.15 WIB. Setelah KA Argo Semeru anjlok, terlihat KA Argo Wilis yang melaju dari arah barat mengalami pengereman mendadak dan terserempet KA Argo Semeru yang anjlok.

Informasi yang dihimpun dari TRC BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta melalui unggahan di akun Twitter @TRCBPBDDIY, beberapa video menunjukkan sejumlah gerbong KA Argo Semeru mengalami anjlok dari rel kereta api tersebut. Beberapa gerbong bahkan terlihat terguling. Hampir seluruh rangkaian kereta api tersebut anjlok dari rel.

Penumpang kereta api tersebut pun terlihat berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Di video lain, terlihat saat para penumpang sedang menyelamatkan diri dengan keluar dari kereta. Ada rangkaian KA Argo Wilis yang sedang melaju cukup kencang. Terdengar suara dentuman saat KA Argo Wilis tersebut melintasi rangkaian KA Argo Semeru yang kondisinya anjlok. Namun, terlihat KA Argo Wilis tersebut berhasil mengerem mendadak dan berhenti.

Seorang petugas dari TRC BPBD DIY dalam siaran langsungnya menyampaikan bahwa telah terjadi kereta api anjlok KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis. Kejadian itu terjadi pada Selasa sekitar pukul 13.15 WIB.

“TRC BPBD DIY saat ini sedang melakukan evakuasi dan asesmen terkait kejadian kereta api anjlok pada siang hari ini,” kata dia yang dikutip Solopos.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya