SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanggap bencana banjir. (Freepik)

Solopos.com, BANTUL — Dua tempat wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diterjang banjir bandang. Saat ini kedua tempat wisata, yakni wisata Potrobayan dan Kebon Empring ditutup sebagai dampak dari bencana banjir.

Tempat wisata Potrobayan berada di Kapanewon Pundong, Bantul, dan Kebon Empring berada di Piyungan, Bantul.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan pihaknya sudah mengecek kondisi tempat wisata Potrobayan masih digenangi air. Bahkan banjir sampai meluap di area parkir.

“Tidak ada yang rusak. Tetapi sampah banyak yang menyangkut di tumbuhan,” kata dia kepada Solopos.com, Kamis (16/2/2023).

Dia menuturkan luapan air tersebut diperkirakan mencapai kedalaman satu meter. Pihaknya saat ini tengah memantau secara intensif kondisi cuaca dengan terus berkoordinasi dengan BMKG dan pengelola wisata.

Markus menyampaikan selain di Potrobayan, banjir juga menggenangi kawasan wisata Kebon Empring. Akibatnya, hingga kini tempat wisata itu masih ditutup.

“Yang di Kebon Empring itu pengelola tidak memperkirakan bahwa debit air sungai meninggi, ada yang kehilangan kompor juga,” ujar dia.

Pengelola tempat wisata Potrobayan, Rahmad Santoso, mengatakan sebelum banjir menerjang, hujan deras mengguyur selama dua hari yaitu tanggal 13-14 Februari. Hingga akhirnya debit air di sejumlah sungai meluap.

“Saat ini kami masih menunggu kondisi cuaca seperti apa, kalau cuaca sudah membaik nanti kami bersihkan dan kami buka kembali,” kata Rahmad.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hujan Lebat 2 Hari Picu Banjir Bandang, Objek Wisata di Bantul Ini Tutup Sementara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya