SOLOPOS.COM - Plengkung Gading (JIBI/Harian Jogja)

Plengkung Gading Jogja sering menjadi ajang remaja berbuat mesum dan mengkonsumsi minuman keras

Harianjogja.com, JOGJA– Warga yang tinggal di sekitar Plengkung Nirbaya atau Plengkung Gading, Jogja mengeluhkan masih sering digunakannya Plengkung sebagai lokasi mesum dan minum-minuman keras.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Warga Kampung Langenarjan, Indah Hardiatun menerangkan Plengkung di siang hari sering digunakan oleh sejumlah orang berfoto ria. Namun ketika malam menjelang, banyak pemuda-pemudi, bahkan yang diduga masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama, berduaan hingga berperilaku mesum di Plengkung.

Memang kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja sudah sering melakukan operasi, tapi nyatanya masih kerap tertangkap basah pasangan yang berlaku mesum di Plengkung.

“Namanya tempat sepi dan gelap, jadi buat mesum mungkin enak buat mereka. Tapi jelas kami sebagai warga sini ya enggak terima, Plengkung itu keramat, peninggalan Kraton,” ujarnya, Sabtu (7/3/2015).

Selain itu, mereka yang tertangkap basah, bahkan tidak jarang sedang kondisi bermesraan dengan pakaian sudah terbuka.

Plengkung juga kerap digunakan sebagai lokasi mengonsumsi minuman keras. Sementara pengawasan dari masyarakat tidak mungkin dapat dilakukan oleh masyarakat secara intensif.

Senada diungkapkan pula oleh Daryati, warga sekitar. Ia kerap kali prihatin dengan kondisi Plengkung. Padahal Plengkung adalah salah satu benda yang perlu dihormati sebagai warisan budaya Kraton Jogja, namun malah digunakan sebagai lokasi mesum dan minum-minuman keras.

Hanya saja, meski demikian, warga sekitar tidak dapat berbuat banyak. “Yang bisa tegas hanyalah polisi dan Satpol PP, mereka kan berani. Kalau kita enggak berani,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya