SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Desa wisata di Kabupaten Sleman bertambah. Hari ini, Senin (6/2), Dusun Dukuh, Desa Pandowoharjo, Sleman dicanangkan menjadi desa wisata pendidikan bagi anak-anak sekolah. Pencanangan dilakukan langsung oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo.

Desa wisata ini menawarkan pendidikan perkebunan salak pondoh, peternakan sapi perah, pembuatan lilin, budidaya jamur, tempe, jamu dan makanan tradisional seperti ampyang. Pencanangan ini diharapkan bisa memperkaya wisata yang ada di Sleman sekaligus promosi.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

“Ini bukan desa wisata pendidikan pertama di Sleman. Yang pertama itu desa wisata Kembangarum, tapi di sini punya wisata yang bisa ditonjolkan seperti sapi perah sama jamur,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Untoro Budiharjo yang ikut menghadiri pencanangan desa wisata pendidikan Dukuh.

Gagasan tersebut bermula pada 2010 lalu. Sejumlah siswa SMA Bopkri Yogyakarta berkunjung untuk belajar tentang perkebunan, peternakan dan industri rumah tangga. Kemudian pada 2011 dan 2012 ada kunjungan live in siswa SMA Harapan Daan Mogot Jakarta Barat.

“Dengan pencanangan desa wisata ini frekuensi bisa lebih meningkat. Karena kemarin itu bisa dibilang hanya satu tahun sekali,” katanya.(HARIAN JOGJA/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya